Kamis, 04 April 2024

         ASAL USUL MUSIK DANGDUT

        Pembahasan mengenai sejarah musik dangdut menjadi salah satu topik yang menarik terutama bagi masyarakat Indonesia. Dikutip dari buku Dangdut dalam Cengkraman Televisi,menurut Suzan Piper dan Sawung Jabo (1987),musik dangdut mempunyai sejarah tersendiri dalam perkembangan musik populer Indonesia. Bagaimana sejarah musik dangdut dan perkembangannya di Indonesia? Mari simak di bawah ini...
    

Sejarah Musik Dangdut di Indonesia

        Musik dangdut bermula dari musik melayu yang berkembang pada tahun 1950 sampai 1960an. Selain itu,musik dangdut juga banyak dipengaruhi unsur Melayu,Arab dan Hindustan. Pengaruh ketiga genre tersebut secara tidak langsung menciptakan sebuah genre musik yaitu Dangdut. Kata Dangdut sendiri berasal dari bunyi alat musik tabla yang sering digunakan sebagi alat pengiring.



Perkembangan Musik Dangdut di Indonesia

        Musik dangdut terus berkembang dari masa ke masa. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Perkembangan Musik Dangdut Tahun 1950-1960an
            Diantara tahun 1950-1960an film india sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Lagu lagu dalam film India yang menonjol membuatnya berpengaruh dalam perkembangan musik dangdut. Hingga pada tahun 1950an muncul seorang  penyanyi bernama Ellya Khadam. Ia berhasil memperkenalkan lagu dangdut yang banyak disukai. Mulai dari Boneka dari India,Termenung,Djanji,sampai Pergi tanpa Pesan.

2. Perkembangan Musik Dangdut Tahun 1960-1970an
        Di tahun ini,mulai muncul penyanyi penyanyi dangdut lainnya. Mulai dari A.Rafiq, Rhoma Irama,sampai Meggy Z. Bahkan mereka mengembangkan dangdut dengan variasi variasi baru. Misalnya A.Rafiq yang menambahkan unsur musik Rock n Roll Amerika ke dalam lagunya. Hingga pada akhir tahun 1960an,musik barat mulai masuk ke Indonesia seiring kemunculan gitar elektrik. Alat musik tersebut kemudia menjadi pendamping penyanyi dangdut.

3. Perkembangan Musik Dangdut Tahun 1970-1990an
        Di awal tahun 1970, perkembangan musik dangdut semakin cepat. Hal tersebut digambarkan dari banyaknya konser,meningkatnya penggemar, sampai penjualan kaset yang laris. Di rentang tahun ini pula ada banyak penyanyi dangdut menggelar konser  di luar negeri. Misalnya, Rita Sugiarto dan Rhoma Irama yang menggelar konser dangdut di Tokyo, Manila sampai ke Melbourne.

4. Perkembangan Musik Dangdut di Tahun 2000an
        Perubahan banyak dialami musik dangdut ketika memasuki era 2000an. Terutama pada aransemen. Perubahan tersebut terjadi karena adanya kejenuhan terhadap musik dangdut original. Para musisi dangdut jawa timur mulai mengembangkan dangdut baru yaitu dangdut koplo. Dangdut koplo menjadi sebuah genre tersendiri dengan irama gendang yang menjadi pembeda dengan dangdut original. Itulah pembahasan mengena sejarah dan perkembangan musik dangdut indonesia



BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com .ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.




Tidak ada komentar: