Jumat, 05 April 2024

            SEJARAH SINGKAT MUSIK ROCK INDONESIA 

        Musik rock bisa dibilang jadi salah satu music genre yang populer. Dengan bpm sedang hingga tinggi,musik ini mempunyai ayunan atau ketukan 1/8 atau 1/16 (secara umum ya!) Soalnya banyak juga yang pengemasannya mengandalkan polyrhytym dan birama yang ga biasa. Musik keras ini awalnya berkembang di Amerika Serikat sekitar tahun 1940an. dan berimbas pada perkembangan musik di zaman itu. Salah satu yang kena adalah Indonesia.



    
SEJARAH AWAL MUSIK ROCK DI INDONESIA 
        Dalam bukunya yang berjudul Empat Dekade Sejarah Musik Kota Malang,Arief Wibisono S.sos ngejelasin bahwa musik ini lahir dari Barat (Amerika sampai Eropa) dan berpengaruh ke Indonesia. Kayaknya,seperti jamur yang tumbuh di musim hujan,band band yang suka genre ini muali bermunculan di Indonesia. 
        Musik ini mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1950an. Terus pada waktu itu,seorang musisi bernama Bil  Haley tampil dalam film "Rock Around The Clock" ditahun 1956 dan berhasil memikat hati para pemuda di Indonesia.
        Di saat yang sdama,Elvis Presley juga sukses menarik perhatian para pemuda Indonesia untuk mendengarkan musiknya. Sejak saat itu banyak anak muda Indonesia mulai membentuk band sendiri. Tapi di masa tersebut lebih dikenal dengan sebutan Orkes. Sejumlah kompetisi orkes pun mulai diadakan,salah satunya adalah Festival Irama Populer.
        Tapi bisa dibilang lebih populer di Indonesia waktu band The Rollies muncul di tahun 1967. Mereka nyelipin elemen jazz juga dalam beberapa lagunya,dan itulah yang berhasil bikin mereka tenar dan berhasil menyita perhatian pendengar di Indonesia.
        Gayanya musisi-musisi d barat kemudia diadopsi sama anak muda di Indonesia. Misalnya rambut panjang celana kulit yang potongannya bootcut atau cutbray dan baju ketat jadi ciri khas pemuda indonesia waktu itu. Jangan lupa jaket kulit yang menjadi andalan.
        



SEMPAT DIBOIKOT
        Tapi sayangnya,Soekarno melihat hal ini kayak sesuatu yang bakal membikin masalah untuk jiwa dan budaya kita,nih. Dia khawatir budaya indonesa bakal lama lama dilupakan gara gara musik luar makin hits. Jadi pas peringatan Hari Proklamasi Agustus 1959, Presiden Soekarno keluarin manifesto yang disebut Manipol Usdek ( Undang Undang Dasar 1945, Sosialisme Indonesia,Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin dan Kepribadian Indonesia). Lewat Manipol USdek,Soekarno coba bangkitin semangat revolusi,keadilan nasional dan organisasi organisasi negara buat terus bikin revolusi yang oke.
        Terus pada tahun 1963 ,pemerinta Indonesia ngeluarin Penetapan Presiden PP no.11/1963 yang melarang musik rock di Indonesia. Pokoknya musik barat ini dilarang dimainin dengan segala cara termasuk di radio yang gak boleh nyiarin musik musik barat. Dengan aturan ini,citra musik ini sebagai pengacau budaya bangsa makin kelihatan banget. Tapi meski begitu seiring waktu musik ini terus berkembang di Indonesia dengan berbagai jenisnya dan sekrang udah gak lagi dilaang buat dinikmati sama masyarakat Indonesia.

  MULAI MASIF
        Berikutnya,kemajuan di Indonesia terus berkembang dengan pesat saat God Bless, Giant Step, Gang Pegangsaan dan Rawa Rontek muncul. Para musisi ini beraksi dengan sangat cepat dan akhirnya memperkuat posisi genre musik tersebut di Indonesia. 
    Kalau di Indonesia,puncal keemasaannya ada di awal tahun 1988 dimana pertunjukkan musik yang keras ini berlangsung pertama kali dihadirkan di depan penonton. Dampaknya perkembanganya meledat dan melahirkan berbagai varian baru dalam genre ini. 

    PERKEMBANGAN DI ERA SEKARANG
        Kalau bicara era sekarang. Khususnya dari 2010an ke atas,banyak banget jenis musik yang beredar. Mulai dari Math dan Midwest Emo ala Murphy Radio atau Eleventwelveth,terus sajian punk mid tempo yang manis ala The Jansen,punk yang raw ala Dongker, Garage yang diusung Swellow,Crayon Cosmos dan masih banyak lagi. 
        Mundur sedikit lagi ke belakang ada Perunggu yang memformulasikan musik mereka dengan formula pop,lalu ada Barasuara,Efek Rumah Kaca. Ada The Panturas juga yang mainin Surf Rock,banyak deh. Kalau 1990an apalagi. Paling tekenal dan melegenda ya Slank dengan musik Rock n Rollnya. Intinya,semakin kesini,perkembangan musik rock di Indonesia cukup pesat...



BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com .ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.






Tidak ada komentar: