Rabu, 03 April 2024

 MACAM-MACAM TEKNIK VOCAL YANG HARUS KAMU TAHU...

        Teknik vocal adalah cara yang digunakan seseorang agar bisa memproduksi suara yang baik dan efisien. Dengan mengetahui teknik vocal,dapat dipastikan bisa menghasilkan suara yang lebih jelas,lebih indah,lebih merdu dan tentu saja lebih nyaring.
        Faktanya,teknik vocal yang tepat tentu akan membantu kamu dalam menjaga anatomi tubuh seorang penyanyi jadi lebih kuat dan stabil.




    1. TEKNIK INTONASI
            Teknik ini berkaitan dengan kemampuan dalam menentukan ketepatan tinggi serta rendahnya suatu bunyi di setiap nada. Nah,ada beberapa tips untuk kamu yang ingin menguasai teknik intonasi ini :
            A. Latihan bernyanyi dengan tempo lambat dan diubah menjadi tempo yang lebih cepat
            B. Latihan bernyanyi menggunakan tempo yang lebih variatif
            C. Latihan bernyanyi dengan menggunakan nada yang lebih variatif dari nada rendah ke nada 
                 tinggi dan melafalkan artikulasi na,ka,la, dan ra
            D. Latihan bernyanyi menggunakan tangga nada kromatis

    2. TEKNIK ARTIKULASI
            Teknik artikulai dapat diartikan sebagai jenis teknik vokal untuk melakukan perubahan saluran di ruang rongga udara. Hal ini agar suara atau bunyi yang dikeluarkan menjadi lebih jelas. Tidak hanya itu selain menjadikan suara lebih jelas,teknik artikulasi juga diartikan sebagai teknik pelafalan kata dengan jelas,lancar dan baik saat disimak. Beberapa faktoryang perlu kamu perhatikan agar menguasai tekmik ini dengan baik adalah dengan melatih sikap badan,melatih posisi mulut,melatih teknik vocalisis,melatih pembentukan teknik pembentukan bunyi vocal dan melatih teknik bunyi konsonan.




    3. TEKNIK RESONANSI
            Teknik ini akan memungkinkan adanya semacam gema dari suara akibat pantulan suara yang berasal dari gejala bunyi yang mengembalikan bunyi ke suatu ruangan lain. Resonansi memiliki peran yang sangat penting untuk membuat pita suara menjadi lebih nyaring dan indah. Oleh karena itu penguasaan resonansi yang baik dan benar akan menghasilkan teknik vocal dalam bernyanyi yang baik dan benar pula. Terdapat 4 rongga resonansi yang dimiliki pada tubuh manusia,di antaranya :
              A.Resonan Atas atau langit langit keras (Nasal Cavities),semua rongga yang terletak di atas
                  mulut dan tenggorokan pada kepala manusia.
              B. Resonan Tengah,rongga yang terletak pada mulut dan bagian belakang mulut atau biasa
                   disebut Faring.
              C. Resonan Bawah (dada)
              D. Resonan yang bentuknya tidak bisa diubah terletak pada rongga dahi,rongga tulang baji,
                   rongga tulang saringan, rongga rahang

    4. TEKNIK PERNAFASAN
            Pernafasan menjadi hal penting dan sangat krsial dalam dunia suara. Pasalnya, seorang penyanyi atau profesi yang memerlukan banyak udara atau melalui paru paru. Selain harus melatih pernafasan dengan rutin dan konsisten,jika tidak menguasai teknik pernafasan seseorang akan mudah tersengal sengal ketika bernyani atau mengeluarkan suara. Apa saja yang termasuk Teknik Pernafasan?
                A. Pernafasan Perut
                B. Pernafasan Diafragma
                C. Pernafasan Dada

    5. TEKNIK PEMBAWAAN
            Teknik terakhir yang harus dikuasai oleh seorang penyanyi adalah pembawaan. Soalnya mesti kamu sudah menguasain dan menggunakan teknik vokal lainnya,jika pembawaan tidak sesuai akan dirasa tidak menarik dan kurang disukai. Simak hal yang perlu dalam teknik ini :
            A. Tema
            B. Tempo
            C. Dinamik
            D. Ekspresi
            E. Irama
            F. Pesan atau gaya menyanyi



   
       Itulah jenis-jenis teknik vokal yang harus kamu tahu. Jika kamu bisa mengaplikasikan kelima teknik vokal diatas dengan baik,dipastikan suara kamu akan lebih berkarakter dan tentu saja bisa menjadi daya tarik yang menarik.

BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com . ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.





            

Tidak ada komentar: