Minggu, 31 Maret 2024

                  MUSIK DAN KEAGAMAAN

    Indonesia negara dengan karakter penduduk beragam,diberkahi dengan kekayan musik rohani yang menjadi bagian dari hidup warga negaranya. Tiap agama dan kepercayaan memiliki keunikan dalam menempatkan dan menggunakan musik baik dalam ritual maupun kegiatan sehari hari. "Secara umum musik adalah metafora atau kiasan hidup termasuk religi sebagai bagian dalam ritual beragama,musik menjadi metafora hubungan manusia dengan Tuhan". Ujar Nyak Ina Raseuki,etnomusikolog dan praktisi musik.
    Musik Religi bisa memadukan bergam unsur berbeda. Misal musik Islami di lombok terpengaruh oleh gamelan Hindu Bali. Sedangkan genre musik rock juga bisa dipakai oleh beragam komunitas agama dan kepercayaan untuk sarana berdakwah. Ia menambhakn,musik menyediakan ruang bagi penganut agama untuk lebih rilex dan fleksible.
   Pada dasarnya musik adalah unsur suara yang ditata oleh manusia bukan hanya lagu lagu,maka komponen seperti mantra dalam agama asli nusantara ,juga pembacaan doa dalam Hindu,Budha,Kristen dan Islam adalah unsur musik yang substansial dalam semua agama. Tanpa adanya musik,religiusitas seseorang tidak akan lengkap. Musik adalah bagian tak terpisahkan dalam ritual keagamaan.
    Di indonesia,gamelan adalah pengiring ritual dalam peribadatan Hindu. Gamelan juga yang digunakan Wali Songo untuk menyebarkan agama Islam di Nusantara. Nyanyian adalah unsur penting dalam ibadah umat Kristen.,sedangkan sejumlah kepercayaan seperti Sunda Wiwitan juga melantunkan puja puji dalam sembahyangnya. 
     Peran musik religi di Indonesia sangat relevan dengan konteks sebagai negara yang plural dan menghadapi tantangan dalam menjaga toleransi. Musik adalah medium seni yang penting karena berpotensi menjembatani perbedaan dan mengurangi friksi di Indonesia,tutur Glenn Fredly. Musisi dan pengagas KAMI.
     Jika ditelisik dari sejarah,seni musik pertama kali muncul untuk mengiringi upacara atau ritual keagamaan dan kepercayaan suatu tempat. Dikutip dari buku Seni Budaya Paket C Tingkatan V modul Tema 2 yang diterbitkan oleh Kemdikbud,dalam upacara keagamaan,seni musik memiliki dua sifat yaitu bersifat mutlak dan tidak mutlak. Seni musik bersifat mutlak pada suatu upacara keagamaan apabila musik merupakan bagian dari pokok atau bahkan inti upacara adat. Jenis musik ini dikenal sebagai musik tradisi.
    Jenis musik tradisi ini terikat ketat ketentuan tradisi sehingga tidak bisa dimainkan pada sembarang waktu dan sembarang tempat karena bersiifat suci. Tak sedikit pula musik musik yang bersifat mutlak karena hanya berfungsi sebagai pengiring upacara keagamaan, keberadaan dari musik tersebut tidak mempengaruhi esensi dari upacara keagamaan.
        Berikut contoh contoh karya seni musik yang tergolong lagu keagamaan :    
        1. DHARMAGITA
            Dharmagita adalah lagu atau nyanyian suci umat hindu yang seringkali dinyanyikan untuk mengiringi upacara upacara keagamaan dan upacra ritual atau yadnya. Tradisi nyanyian suci ini sudah lama dilakukan  oleh orang Hindu sehingga menjadi tradisi kuno masyarakat Hindu. Dharmagita terdiri dari beberapa jenis yaitu Sekar Rare, Sekar Atlit, Sekar Madya,Skar Agung dan sebagainya.

    2. MUJIZAT ITU NYATA 
         Mujizat itu nyata adalah lagu rohani yang pertama  kali dipopulerkan oleh Nikita. Lagu ini berisi puji pujian mengenai kekuasaan Tuhan,lagu ini merupakan contoh lagu keagamaan yang dinyanyikan untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan.



    3. TOMBO ATI
        Tombo Ati adalah salah satu lagu religi populer di Indonesia. Lagu ini pertama kali dibawakan oleh penyanyi religi bernma Opick. Lagu tombo ati mengandung makna menginagtkan umat islam tentang ibadah yang dapat menenangkan hati dan jiwa.

    4. FIRMAN MU AGUNG
        Firman mu agung adalah salah satu lagu rohani yang biasa dinyanyikan oleh umat Kristiani  lagu ini dinyanyikan sebagi bentuk rasa syukur umat kepada Tuhan.

    5. MARHABAN YA RAMADHAN
         Contoh lagu keagamaan lainnya adalah lagu Marhaban ya Ramadhan. lagu ini biasanya dinyanyikan oleh umat Islam dalam menyambut bulan ramadhan (bulan ke 9 dalam kalender Islam). Bulan ramadhan dalam kepercayaan umat Islam memiliki keistimewaan sendiri karena bulan ini diyakini sebagai bulan penuh rahmat dari Allah.




BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com . ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.




Tidak ada komentar: