Jumat, 22 Maret 2024

PERCAYA GAK PERCAYA INI BEBERAPA MITOS TENTANG MUSIK ...


        Musik telah menjadi bagian panjang dari peradaban manusi seperti halnya mungkin bahasa itu sendiri. Meskipun "suara" mungkin belum dikenal oleh ,amusia prasejarah,nyatanya instrumen sudah eksis sejak 35.000 tahun yang lalu. Wajar jika mitologi tentang penciptaan musik juga ikut bergema sepanjang sejarah peradaban manusia.

    Kita bahas yuk beberapa mitos tentang musik yang berkembang di beberapa peradaban manusi.

1. YUNANI     : Dalam mitologi Yunani terdapat beberapa dewa yang dikenal telah menciptakan musik salah staunya adalah Hermes. Selain menjadi pembawa berita untuk dewa dewi Olimpus. Hermes juga dikenal sebagai dewa para pencuri,pedagang dan sastra. Menurut mitos yang beredar Hermes membuat kecapi dari cangkang kura kura yang telah dilobangi dengan isi perut sapi  milik saudaranya Appollo. Hermes juga disebutkan menciptakan seruling dan flute. Selain hermes,karakter yang terlibat dengan penciptaan musik adalah Orpheus ia disebut sebagai bapak lagu. diberikan lirik oleh Apollo,dikatakan kalau orpheus memainkan musik dengan indahnya. Sehingga akan membuat hewan,pohon dan batu disekelilingnya menari. Setelah kematiannya kecapi miliknya ditempatkan diantara langit sebagai rasi bintang agar terus memainkan musiknya.



    2. NORDIK  :  Dalam mitologi Nordik,ada sebuah minuman legendaris yang dibuat oleh para kurcaci, yang dikenal sebagai Mead of Poetry. Bergantung pada versi mitosnya dikatakan kalau minuman tersebut dapat mengubah seseorang menjadi penyair atau memberikan kemampuan untuk berbicara dengan kebijaksaan. Selama berabad abad ia disimpan dalam tempat yang dirahasiakan sampai raksasa Suttung menemukan dan mencurinya. Ia pun menyembunyikan di sebuah gua di bawah perlindungan putrinya. Dewa Nordik yang hebat Odin percaya kalau menjadi penyair yang hebat sama pentingnya menjadi seorang pejuang yang hebat. Setelah melalui perjalanan yang sulit ia berhasil meyakinkan putri Suttung untuk mengizinkannya meminum mead tersebut. Dia kemudian melarikan dan berubah menjadi elang dan menuangkan mead ke seluruh dunia. Dewa Nordik yang lainnya yang sering dikaitkan dengan musik adalah Bragi. Bragi dikenal sebagai dewa puisi dan kefasihan. Dikatakan kalau dia memiliki lidah yang diukir dengan rune of speech yang memberinya kemampuan untuk mengeluarkan kebijaksanaan setiap kali dia membuka mulutnya. 

    3. MESIR     :  Thoth merupakan dewa utama dalam mitologi mesir. Disebut sebgai penemu hieroglif sendiri. Ia juga dipandang sebagai dewa pelindung ahli Taurat dan pengetahuan rahasianya. Orang yunani sering menghubungkan beliau dengan dewa hermes. Salah satunya diungkap oleh sejarahwan Diodorus Siculus yang memuji Thoth karena telah menemukan kecapi. 

    4. KRISTEN     : Penciptaan musik dalam mitologi Kristen sering dikaitkan dengan Santo Ignatius dari Antiokhia. Ketika dia masih muda,dikatakan kalau ia telah dipeluk oleh Yesus Kristus dalam sebuah acara yang diabadikan dalam Matius 18:3. Adapun kontribusinya terhadap musik diceritakan dalam mimpinya saat dia masih mnjadi uskup Antiokhia, diceritakan kalau Ignatius pergi ke surga tempat dimana dia melihat dua aduan suara malaikat bernyanyi bergantian satu sama lain dalam memuji Tuhan. Ketika dia bangun dari mimpinya dia segera membuat paduan suara gerejanya sendiri menginstruksikan mereka untuk meniru apa yang telah dia lihat.

    5. HINDU    : Dewi pengetahuan dan seni dalam agama hindu Saravati pertama kali muncul dalam literatur sebagai personifikasi dari sungai sungai di india. Ia juga srering disebut sebagai penemu bahasa sansekerta. Entah sebagai permaisuri,putri atau cucu dari brahma sang dewa pencipta. Sarasvati juga cukup populer dalam mitolog Jain dan Budha. Terdapat juga kisah lain yang menceritakan tentang penciptaan musik tradisional india, diceritakan kalau para Gandharva makhluk supernatural dari khayangan telah mencuri tanaman ritual yang dikenal dengan sebutan Soma. Untuk mengatasi hal ini saravati memberanikan diri untuk melawan mereka atas nama dewa dewa yang lain. Setelah menjerat telinga mereka dengan alunan musik indah yang mengalir dari venanya dia menawarkan untuk mengajrkan mereka untuk mengembalikan tanaman tersebut. Para gandharva setuju dan musik yang dikemudian hari pun dikenal dengan genra raga pun lahir.

Nah itu sedikit beberapa dari legenda penciptaan musik dari mitologi dunia, masih banyak mitologi lain yang mungkin akan menarik jika ditelusuri...



BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.




















 

Tidak ada komentar: