Kamis, 21 Maret 2024

 PECINTA MUSIK JAZZ,MESTI TAHU INI...

    
            Musik jazz adalah genre musik yang lahir di Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Awalnya ,jazz muncul dari perpaduan berbagai unsur musik seperti blues,musik tadisional Afrika, ragtime dan musik Eropa. 

            Salah satu ciri khas utama dari utama dari musik jazz adalah improvisasi. Ini merupakan proses dimana musisi menciptakan musik secara spontan berdasarkan tema atau struktur lagu yang telah ada.
        
            Musik jazz banyak menggunakan gitar,trombon,piano,terompet,saxophone,kontrabass dan drum. Kombinasi instrumen ini memberikan warna dan tekstur beragam dalam musik jazz.
       
        Ciri ciri musik jazz yang paling utama mungkin adalah improvisasi. Bahkan biasanya seorang musisi jazz memainkan lagu yang sama dengan gaya yang sama berulang ulang,hal ini terkait dengan kebiasaan improvisasi dalam musik jazz. Jazz bisa dimainkan secara solo,duet maupun skala besar.

        Ciri ciri selanjutnya dalam musik jazz adalah memiliki nada dengan tempo yang tinggi atau sinkopasi. Nada yang dihasilkan dari musik jazz akan senantiasa membuat para pendengarnya gatal untuk menggerakkan kaki dan menari.

        Berikut ini adalah aliran musik jazz yang sangat berpengaruh dalam perkembangan selama ini.
    
    1. DIXIELAND        :  Aliran pertama yang sangat berpengaruh adalah Dixieland. Dixieland merupakan sebuah band, di mana musisinya menggunakan berbagai macam alat musik seperti terompet,trombone,gitar,piano,clarinet,banjo dan bass. Dixieland berasal dari New Orleans,yang merupakan tempat pertama kalinya jazz muncul

        

       2. SWING        : Swing memainkan irama ragtime dengan agak halus dan lambat. Berbeda dengan jazz yang sebelumnya dikenal dengan irama agak cepat. Pada tahun 1940-an muncul sebuah era dimana semua musisi jazz memainkan aliran swing ini.

       3. BEBOP        : Setelah swing,musik jazz terus berkembang sehingga terbentuk aliran baru yang disebut dengan Bebop. Bebop merupakan aliran swing yang berevolusi menjadi lebih cepat. Sampai sekarang musik Bebop menjadi salah satu aliran yang cukup digemari.

       4. SOUL JAZZ  : Aliran soul jazz ini sering dianggap sebagai musik blues,karena memang berkembang dari ungkapan blues,soul dan gospel.

       5. BOSSA NOVA : Merupakan aliran musik dari Brazil yang merupakan gabungan dari musik jazz dengan samba. Musik samba merupakan aliran musik dari Brazil yang identik dengan dansa. Oleh karena itu beat dari Bossa Nova ini agak cepat.

        6. JAZZ FUSION : Jazz fusion popuer pada tahun 1960-an. Jazz fusion ini muncul saat beberapa band rock menggabungkan unsur jazz dalam musiknya. Istilah Jazz Rock muncul dan bisa juga dikatakan dengan Jazz Fusion.

BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.



















Tidak ada komentar: