Rabu, 20 Maret 2024

HOBBY BERMAIN BIOLA? INI CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN YA... YUK INTIP YUK...


            Biola merupakan salah satu alat musik yang digandrungi terutama bagi kaum hawa yang menjadikannya lebih anggun. Namun, kamu perlu juga memperhatikan dalam merawat biola agar selalu dalam kondisi terbaik.
             Berikut ini 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk merawat biola kesayanganmu agar tampak seperti masih baru.





1. SELALU BERSIHKAN BIOLA SETELAH BERMAIN DENGAN KAIN KHUSUS

            Biola mengandung pernis yang sangat halus yang akan mempengaruhi nada biola apabila tidak dirawat dengan baik. Setelah bermain biola selalu bersihkan setiap bagian biola dengan kain khusus untuk membersihkan biola dari debu debu dan sidik jari yang menempel terutama pada senar senar biola. Hal ini dilakukan untuk menghidari penumpukan debu yang dapat menyebabkan karat pada senar sehingga dapat merubah suara yang dihasilkan.


2. JAGA SUHU PENYIMPANAN BIOLA


            Jagaklah biolamu agar tidak lembab. Kita semua tahu bahwa biola merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dan apabila kayu itu lembab dapat mempengaruhike suara loh. Jadi jagalah biolamu selalu kering,jadi usahakan setelah kamu memainkannya langsung masukkan saja ke casenya kembali. Kalau bisa kalian bisa menambahkan 2 buah silica gel di dalam case biolanya


3. GUNAKAN KAIN KHUSUS UNTUK MEMBERSIHKAN BAGIAN SENAR


            Ketika membersihkan biola,maka kamu perlu menyiapkan 2 kain khusus untuk bagian body dan bagian senar. Kain yang digunakan juga haruslah kain kering dan lembut agar tidak merusak senar sehingga suara tetap menjadi aman dan selalu seperti semula. Jika memungkinkan gunakan satu kain untuk satu string dan fingerboard sehingga kotoran tidak masuk kembali ke instrument biola yang dibersihkan setelahnya.


4. GUNAKAN CAIRAN PEMBERSIH YANG SEDIKIT MENGANDUNG CAT

            Gunakan sedikit cairan pembersih pada kain untuk membuat biolamu tetap terjaga kebersihannya. Hindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung cat karena dapat merusak biola tersebut. Kocok botol terlebih dahulu sebelum digunakan dan seka biola secara halus sehingga biola idak tergores dan mengelupas. HIndari juga membersihkan menggunakan air karena akan memparah kondisi biola.






5. SEBELUM DIGUNAKAN KEMBALI,BILA DAHULU HARUS DIATUR RAMBUT PADA BOW ATAU PENGGESEK BIOLANYA


        Ketika akan digunakan ada baiknya kamu mengatur bagian rambut pada bow terlebih dahulu,dengan memutar skrup bow dengan hati hati. Pastikan bow selalu diberikan rosin yang berfungsi membuat rambut pada penggesek biola selalu kesat.



            Itulah 5 cara merawat biola dengan benar agar terjaga kualitasnya. Maksimalkan performa biola dengan perawatan yang tepat 

BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.














Tidak ada komentar: