Rabu, 07 Oktober 2020

TEKNIK DASAR BELAJAR VOCAL UNTUK PEMULA

 TEKNIK DASAR BELAJAR VOCAL UNTUK PEMULA



Vocal manusia seperti halnya instrumen musik pada umumnya mempunya empat elemen pokok penghasil bunyi, yaitu:

1. Paru-paru, sebagai sumber tenaga

2. Larynz, sebagai penggetar

3. Pharynz, sebagai ruang pemantul tenggorokan, rongga mulut dan

4. Rongga Hidung, sebagai ruang resonator


Tubuh kita dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan suara yang baik. Pada saat kita bernyanyi, sumber tenanga yang berfungsi untuk menggetarkan vibrator adalah udara. Udara tesebut kita hirup dan keluarkan melalui teknik pernapasaan diafragma dan bukannya dada, bahu ataupun perut.

Bila bunyi pada gitar dan biola di hasilkan oleh dawai yang bergetar, maka pada vocal manusia yang menjadi instrumen getarnya adalah pita suara. Pita suara berada di dalam kotak suara yang terbuat dari otot dan tulang rawan yang terletak pada bagian atas batang tenggorokan (larynx). Larynx memiliki panjang lima belas sentimeter dan lebar empat sentimeter. Pita suara merupakan selaput lentur dengan panjang berkisar di antara dua sentimeter (pria)hingga satu seperempat sentimeter (wanita). Suara yang baik hanya akan dihasilkan apabila selaput suara tadi bergerak merapat hingga celah sempit yang bergetar merapat hingga membentuk celah sempit yang bergetar yang di sebut dengan glottis.

Alat pemantul  yang terdapat dalam tubuh kita lazim di sebut pharynx. Pharynx merupakah ruangan balik anak tekak yang dapat diperbesar/di perkecil secara elastis. Pharynx berfungsi memberikan warna suara dan huruf vocal yang beraneka ragam.



Berkaitan dengan tiga resonator vocal yang memberikan kontribusi paling signifikan, yakini: tenggorokan, mulut,dan hidung,maka ada beberapa catatan yang perlu di perhatikan :


1.Suara Gelap, seakan-akan "ditelan" dan berkesan jauh di akibatkan oleh konsentrasi suara yang terlalu banyak terfokus pada resonator  tenggorokan

2. Suara terang, lebar dan memiliki fokus ke depan di akibatkan oleh konsentrasi suara yang terlalu banyak terfokus kosentor mulut.

3. Suara sengau, di akibatkan konsestrasi suara yang terlalu terfokus pada resonator hidung.


Jadi dengan kata lain menggunakan kombinasi ketiga resonator tersebut secara profesional merupakan suatu keputusan yang bijak.

Posisi lidah yang baik pada saat bernyata sebaiknya datar dan berada di belakang lengkung gigi bawah.

Bernyanyi dalam posisi duduk /berdiri yang benar, yaitu :

1. Mencarai posisi beridiri yang paling nyaman dengan berat tubuh bertumpu rata pada kedua kaki

2. Sedapat mungkin membuat garis lurus dari titik tengah kedua tumit hingga kepala 

3. Jangan mengencangkan otot-otot betis atau bertumpu pada kedua tumit 

4. Kedua lutuh harus berasa longgar dan dapat bergerak dengan bebas

5. Perut bagian bawah (di bawah pinggang hingga pinggul) harus sedikit di tarik ke dalam tanpa di paksakan. Bagaimana mana perut bagian bawah bergerak terlalu ke depan maka menyebabkan badan menjadi melengkung .

6. Perut bagian atas (Pinggang hingga tulang rusuk) sangat penting untuk pernapasan,karena itu perut bagian atas harus terasa bergerak bebas. perut bagian atas yang terlalu di tarik ke dalam atau di dorong ke luar secara berlebihan dapat menyebabkan ketegangan . Ketegangan ini pada akhirnya akan mengganggu peroses pernapasan yang kita takutkan.

7. Posisi punggung harus nya lurus sehingga tulang belakang akan terangkat.

8. Dada harus dalam posisi tegap tanpa di paksa dengan catakan bahwa dada tidak boleh bergerak naik dan turun pada waktu kita mengambil dan mengeluarkan nafas.

9. Bahu harus ditarik kebelakang, Dan selama bernafas atau bernyanyi bahu tidak boleh bergerak. Posisi bahu yang tidak bergerak akan membantu banyak dalam mempertahankan sikap dada yang lapang  serta tulang belakang yang terangkat.

10.Kedua lengan harus dapat bergerak dengan bebas dan tidak terasa kaku.

11.Hilangkan gerakan gerakan yang mencerminkan rasa gugup seperti menggosok gosok ibu jari, menggempalkan tangan, meraba raba pakaian, mengusap ngusap rambut dan sebagainya.

12.Hndari kebiasaan mengankat dagu saat pembidikan nada tinggi.


Segera daftarkan diri kalian di Allegra Private Music Course,dan jangan lewat promo-promo menarik lainnya!!!




Tidak ada komentar: