Kamis, 05 November 2020

DASAR BERMAIN SAXOPHONE

 Dasar Bermain Saxophone



Jika bermain tentang alat musik yaitu alat musik tiup, maka salah satu alat musik tiup yang cukup di kenal orang banyak yaitu saxophone. Sejarah singkat di temukan sekitar 160 tahun yang lalu oleh seorang ahli pembuat alat musik dan musisi berbakat berkembangsaan bagian  yang bernama antonie-joseph (Adolphe) sax.

Kemudian pada tanggal 20 maret 1846, Saxophone didaftarkan hak petennya untuk pertama kali.

Dari beberapa jenis alat musik saxophone yang sering di gunakan beberapa group musik dan juga artis solo yaitu saxophone, yang bisa di gunakan antara lain adalah Eb Alto Saxophone, Eb Tenor Saxophone, Dan BB Saprano Saxophone, ketiga jenis alat musik saxophone ini memeng memiliki  suara yang khas,dan dapat membuat pendengaran merasa nyaman, dan biasanya alat musik ini memiliki peran penting untuk membuat suasana musik  lebih berwarna dengan memberi sentuhan saxophone, Saxophone itu sendiri merupakan jenis alat musik melody yang hanya menghasilkan nada do,re,mi,fa,so,la,si dan do oktaf, bukan seperti alat lainnya yang bisa menghasilan suara akord seperti C (do,mi,sol,do oktaf). Saxophone memiliki jenis lainnya yaitu Eb sopranino saxophone, F Sopranino saxophone , Eb Baritone saxophone, Bb bass saxophone, C Bass saxophone, Eb  Contrabass Saxophone, F Contrabass Saxophone, Saxophone ini jarang di gunakan di dalam band, namun sering di jumpai dalam konser klasik seperti kuartet brass dan sebagainya. Saxophone merupakan salah satu alat musik yang terbilang masih muda, di bandingkan dengan jenis alat musik tiup lainnya seperti flute, oboe, clarinet, bassoon, dan sebagainya.


Maka dari itu disini ingin membahas tentang:

1. Pengertian Reed dan Mouthpiece dalam Saxophone

2. Teknik pernafasan dalam bermain saxophone

3. Tone (Ambusheer)

4. Perawatan

Pengertian Reed dan Mouthpiece dalam saxpohone

Untuk memainkan  harus mengerti dengan benar karakter alat musik ini, seperti anda harus mengenali diri anda sendiri, yaitu karakter tentang : Mouthpiece (jenis dan tip opening) Reed (ukuran keteganga) , di sini akan di jelaskan cara meletakan dan pemasangan Reed di Mouthpiece.

1.Mouthpiece (jenis dan tip opening)

Mouthpiece merupakan alat pengingat suara yang di gabungkan dengan Reed (Bilih Yang umum nya terbuat dari  bambu olahan dan di gabungkan sehingga dapat menghasilkan bungi.

2. Reed (Ukuran ketegangan)

Bilih bambu yang mirip sendok es krim namun tipis pada bagian ujungnya. Reed  merupakan komponen penggetar untuk membangkitkan suara, seperti halnya pita suara kita.

3. Cara Meletakan Reed

Ini sangat penting agar Reed di letakan pada tempat yang tepat agar mudah beresonasi. Jika salah menempatkan posisi Reed, maka akan menjadi sulit untuk di tiup atau mungkin tidak dapat bersuara, Mouthpiece dan Reed di gabungkan dengan sebuah cincin logam yang di sebut ligature sebagai pengikatnya.

Anda perlu mengukur kekuatan nafas untuk di sesuaikan dengan pemilihan Mouthpiece dan Reed karena Reed itu sendiri memiliki beberapa ukuran yaitu 1,1 setengah 2,2 setengah hingga paling tebal ukuran 3, sehingga selanjutnya anda kan dengan mengenali karekter dari Sakophone yang akan di mainkan.

 5 Teknik dalam bermain Saxophone

1. Teknik Memegang saxophone.

Posisi tangan dalam memegang saxophone harus benar-benar berada pada posisi yang tepat, agar anda dapat lebih leluasa menjangkau kunci nada saat di mainkan. posisi jari tengah, jari telunjuk,dan jari manis, baik tangan kiri atau tangan kanan harus tepat berada pada bagian permukaan ketup nada.

2 .Pernapasan Saxophone yang Baik.

Seperti dalam pembelajaran sebelumnya, saya mengingatkan bahwa pernapasan yang baik itu menggunakan diapragmatis. Hal ini dikarenakan volume udara yang di hasilkan dapat lebih besar dan kuat di bandingkan dengan cara pernapasaan paru-paru.


3. Posisi Bermain Saxophone.

Tidak ada larangan dalam posisi bermain saxophone, tapi usahakan anda tidak terlalu tegang dan bersikap santai saat bermain alat musik saxophone.

4. Teknik Embosur Saxophone.

Embosur adalah teknik mengatur posisi bibir dan gigi pada mouthpiece, dan untuk embosur yang baik, pada umumnya meletakan gigi atas pada bagian atas dari muthpiece.

5. Teknik Peniupan Saxophone

Selain menggunakan teknik embosur yang baik, untuk menghasilkan suara yang indah di butuhkan juga tenaga yang kuat dalam meniup saxophone yang di artikan dengan "Meniup dengan udara panas".


Itulah dasa-dasar untuk dapat coklatfriend pahami. Banyak orang belajar bermain Saxophone secara dasar, dengan hasil yang baik dan maximal kalian bisa mengikuti kursus alat musik saxophone.


Buat kalian yang ingin menambah pengetahuan musik, selain tidak hanya mendapatkan ilmu musik di sekolah namun bisa mengasah kemampuan otak dan bermusik kalian bersama Allegra Private music Course..

Segera daftarkan diri kalian, dan jangan lewatkan promo-promo Allegra musik Course di setiap tahunnya yah..☺






Tidak ada komentar: