Selasa, 23 April 2024

                    DRAMA MUSIKAL 

 



    Apakah kamu pernah menonton drama musikal? ya,drama musikal merupakan gabungan antara dram atau teater yang diucapkan dengan sebuah lagu dan tarian. Biasanya drama musikal berisi cerita mengenai humur,cinta hingga kemarahan. nah,untuk mengetahui penegertian yang lebih luas tentang drama musikal simak artikel berikut yaa...


PENGERTIAN DRAMA MUSIKAL

    Drama musikal adalah suatu pertunjukkan yang menggabungkan seni tari,musik dan peran. Drama musikal biasanya dilakukan di panggung yang besar. Dalam drama musikal tak hanya menilai kualitas perannya saja. Namun kemampuan benyanyi serta menari. Pemilihan lagu untuk sebuah adegan pun enggak sembarangan. Lagu harus menggambarkan suasana hati atau konflik yang sedang dihadapi oleh tokohnya.


UNSUR DAN CIRI-CIRI DRAMA MUSIKAL

    Berikut unsur-unsur drama musikal :

1. Tema

    Tema adalah gagasan atau ide dasar,tema menjadi landasan dalam suatu cerita. Tema bersifat intriksik yaitu yang tak terungkap secara tertulis dalam lakon. Tema juga menjadi dasar menggambarkan sebuah cerita dan mewarnai perwatakan tokoh. Lakon tak hanya sekedar memaprkan sebuah alur cerita atau mengisahkan peristiwa yang dialami tokoh tapi lakon ada terselubung lakon yaitu gagasan sentral atau dasar.



2. Pemain/Tokoh

    Pemain adalah seseorang yang memerankan seorang tokoh dalam naskah. Pemain sangat berperan penting dalam sebuah pementasan. Ada tiga jenis pemain yaitu peran utama,peran pembantu dan peran figuran. Ketiganya sangat penting dalam sukses atau tidaknya sebuah pementasan.

3. Plot/Alur Cerita

    Plot adalah susunan peristiwa yang membentuk sebuah cerita. Peristiwa sebab-akibat dari suatu plot dapat dianggap sebagai serangkaian peristiwa yang dihubungkan oleh penghubung.

4. Dialog

    Dialog adalah teks naskah yang berisi kisah yang akan dipentaskan dan diperankan para tokoh. Lewat dialog tergambarlah watak watak sehingga latar belakang perwatakan bisa diketahui. Dialog sendiri berisikan kedua hal ini yaitu : Pesan yang ingin disampaikan. Terdapat unsur unsur lainnya seperti musik,tata rias,pencahayaan dan pentas.


CIRI CIRI DRAMA MUSIKAL

    Adapun ciri ciri dari drama musikal di antaranya adalah :

    1. Merupakan gabungan unsur musik,tari dan akting

    2. Mengutamakan unsur musik,menyanyi dan gerak

    3. Dialog yang diucapkan melalui tutur,lagu dan gerak tari.


BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.



Tidak ada komentar: