Jumat, 19 April 2024

           MANFAAT BELAJAR ALAT MUSIK SEJAK DINI 

    Pendidikan musik sejak dini dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak,manfaat ini bisa didapatkan lebih baik jika anak belajar musik dengan cara yang menyenangkan dan sesuai minat mereka. Dukungan serta dorongan dari orangtua dan pendidik juga memainkan peran penting dalam memotivasi anak anak dalam belajar musik dan mengembangkan potensinya.
    Belajar musik sejak dapat memberikan pengalaman seru yang baru bagi anak karena ada sejumlah manfaat positif pada perkembangannya.
    Berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa didapatkan anak ketika mereka belajar musik sejak dini,sebagaiman dilansir dari laman Parents.
    







1. Meningkatkan keterampilan akademik
    Musik dan metematika ternyata memiliki keterkaitan satu sama lain. Dengan memahami ketukan,ritme dan tangga nada secara tidak langsung anak bisa belajar cara membagi, membuat pecahan serta mengenali pola. Musik juga dapat menghubungkan otak anak untuk membuatnya lebih mudah memahami matematika. Hal itu didukung oleh pola musik yang mengandalkan jangka pendek dan jangka panjang si kecil. Metode ini secara langsung dapat mengasah keterampilan memorinya. 
"Musik menggunakan perangkat mnemonik untuk melakukan ini dan nantinya bisa diterapkan untuk keterampilan memori lainnya." Kata Mary Larew,guru biola di Neighborhood Music School in New Heaven,Connecticut Amerika Selatan.

2. Mengembangkan Keterampilan Fisik
    Beberapa Instrumen tertentu dalam musik msialnya perkusi bisa membantu anak mengembangkan koordinasi dan keterampilan motoriknya.Hal ini turut didukung oleh cara memainkan alat musik seperti perkusi yang membutuhkan gerakan tangan lengan dan kaki. Instrumen jenis musik ini baik untuk anak anak dengan tingkat energi yang tinggi. Selain itu,belajar musik melalui keyboard juga memiliki manfaat serupa karena mengandalkan keselarasan koordinasi antara tangan kiri dan tangan kanan.
"Ini seperti melatih anak dengan mengosok perut dan menepuk kepala secara bersamaan." Ujar Kirsten Regester,Mnager Program Anak Usia Dini di Sekolah Musik Komunitas,Columbia College Chicago.

3. Melatih keterampilan bersosialisasi
    Kelas kelas musik yang biasanya berkelompok membutuhkan interaksi dan komunikasi dalam satu komunitas. Hal itu turun mendorong kinerja tim,karena anak anak harus saling berkolaborasi untuk menciptakan harmoni.. Jika seorang anak terlalu keras dan terlalu cepat memainkan alat musiknya,maka dia harus bisa menyesuaikan tempo dari permainan. 
"Musik membutuhkn lebih banya intreraksi kelompok dan pemecahan masalah" Tambah Regester

4. Melatih Kedisplinan Dan Kesabaran
    Mempelajri instrumen musik juga sama halnya dengan melatih kedisplinan dan kesabaran anak. Belajar biola misalnya yang memiliki kurva pembelajaran yang agak rumit untuk bisa memainkan stu tangga nada. Sebelum bisa memainkannya,anak juga harus mempelajari cara memegang biola,cara memegang busur, dimana kaki diletakkan dan lain sebagainya. Pelatihan semacam itu bisa membuatnya melatih diri untuk bisa menjadi lebih disiplin dan sabar. Kemudian memainkan alat musik juga dapat mengajarkan amak untuk dapat bertahan selama berjam-jam,berbulan -bulan dan terkadang harus berlatih bertahun -tahun sampai terampil. Pembelajaran seperti ini juga membutuhkan perhatian dan sangat terfokus dalam setiap sesinya.






5. Meningkatkan Harga Diri
    Musik juga dapat meningkatkan harga diri,karena di dalamnya terdapat pembelajaran komukatif agar anak bisa menerima dan memberikan kritik membangun. Khusunya dalam mempelajari musik dalam berkelompok,hal itu dapat membantu anak memahami bahwa tidak seorang pun termasuk diri mereka sendiri memiliki kesempurnaan. Mereka harus dapat belajar untuk bisa memiliki ruang dan memperbaiki diri umtuk bisa berkolaborasi.

6. Belajar Akan Budaya
    Mempelajari dan memainkan alat musik tradisional secara tidak langsung juga mengajarkan anak ntuk melihat budaya lain. Dengan begitu pengetahuan mereka akan suatu budaya yang sering diperkenalkan akan kembali luas. 
       

BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.




Tidak ada komentar: