Selasa, 10 Januari 2023

MACAM - MACAM ALAT MUSIK TRADISIONAL TABUH

 MACAM -MACAM ALAT MUSIK TRADISIONAL TABUH




Sahabat allegra kali ini kita akan membahas tentang alat musik tradisional tabuh, Indonesia sendiri kaya akan seni tradisi sesuai dengan daerah asalnya, termasuk dalam hal musik. Musik merupakan bagian dari seni tradisi tersebut yang disebut juga musik daerah atau musik tradisional. Yang membedakan dengan musik pada umumnya, yakni secara karakteristik ada pada syair dan melodi yang menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat.

Sahabat allegra kekayaan budaya di Indonesia juga tidak lepas dari beberapa unsur pendukung, salah satunya adalah alat musik tabuh tradisional. Alat musik tabuh tradisional merupakan produk budaya, lekat hubungannya dengan keberadaan masyarakat.

Alat musik tabuh tradisional merupakan sebuah perangkat musik yang berasal dari suatu daerah tertentu. Mengenal nama alat musik tabuh tradisional merupakan salah satu cara mewarisi ragam kebudayaan dan bentuk nasionalisme. Alat musik tabuh merupakan alat musik yang penggunaannya dipukul untuk menghasilkan bunyi. Jenis ini dikenal juga dengan sebutan alat musik perkusi.

1. Kolintang


Sahabat allegra alat musik kolintang adalah alat musik tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara, terdiri dari barisan gong kecil yang diletatkkan mendatar. Instrumen terbuat dari bahan dasar kayu yang dipotong-potong sesuai ukurannya.

Kata kolintang sendiri diambil dari penyebutan kata untuk nada rendah (tong), nada tinggi (ting) dan nada biasa (tang). Sehingga jika instrumen ini dipukul, dapat mengeluarkan bunyi yang cukup panjang dan dapat mencapai nada-nada tinggi bahkan juga nada rendah.

2. Talempong


Alat musik tradisional selanjutnya yaitu talempong, merupakan instrumen musik perkusi yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Alat musik ini merupakan salah satu warisan budaya yang diperoleh secara turun temurun.

Talempong juga terbuat dari bahan dari campuran logam seperti tembaga, timah putih dan juga seng. Bahkan ada pula yang dari kayu dan batu.

3. Tifa


Tifa merupakan alat musik sejenis gendang tetapi bentuknya lebih kecil dan memanjang . Alat musik ini terbuat dari batang kayu yang dilubangi pada tengahnya. Batang pohon waru, apo dan kokota yang pada umumnya digunakan sebagai bahan utama pembuatan tifa.

Sedangkan untuk penutup biasanya menggunakan kulit rusa. Instrumen ini dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan yang jika dipukul pada bagian tepi dan tengah yang juga menimbulkan nada suara yang berbeda. Tifa terdapat di daerah Maluku dan Papua.

4. Kempul


Alat musik selanjutnya yaitu alat musik tradisional kempul, merupakan alat musik yang biasa dimainkan pada acara Jaranan Sentherewe, yang merupakan tradisi kesenian di Jawa Timur. Alat musik ini trbuat dari kuningan dan kayu sebagai tempatnya.

Dalam sejarahnya, alat musik ini sudah eksis dan terpahat pada relief candi Penataran di Blitar. Cara memainkannya cukup dengan dipukul pada bagian yang terlihat menonjol ke atas seperti punuk unta.

BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.

KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

APALAGI DIMASA PANDEMI SEKARANG INI, PASTI KALIAN ADA YANG MERASA BOSAN DIRUMAH SAJA. KIRA-KIRA GIMANA CARANYA BIAR GAK BOSAN ?? NAH, DARI ITU ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, JADWALNYA FLEXIBEL DAN JADWALNYA BISA DISESUAIKAN DI AWAL PENDAFTARAN. SELAIN ITU, SELURUH PENGAJAR ALLEGRA SUDAH MELAKUKAN VAKSINASI.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.








Tidak ada komentar: