Senin, 16 Januari 2023

CARA - CARA BERMAIN GITAR BAGI PEMULA

 CARA - CARA BERMAIN GITAR BAGI PEMULA




Sahabat allegra untuk alat musik gitar pastinya sudah tidak asing bagi sahabat allegra. Semua genre musik selalu menggunakan alat musik ini untuk menambahkan keindahan, mulai dari musik dangdut, pop, jazz, rock, metal dan lainnya, tidak pernah lepas dari dentingan gitar.

Alat musik gitar pun tak hanya alat musik dan bertujuan memberikan hiburan. Gitar juga memberikan kesan keren bagi mereka yang jago memainkannya. Tidak hanya para musisi saja yang akan terlihat keren saat memeainkan alat musik ini. Ketika kita sedang bersama teman, kita dapat menghangatkan suasana dengan bernyanyi diiringi petikan gitar. Sahabat allegra kali ini kita akan membahas tentang cara bermain gitar bagi pemula.

1. Belajar memahami kunci dasar


Sebelum sahabat allegra memulai belajar memetik gitar, terlebih dahulu sahabat allegra perlu mengetahui kunci dasar dalam bermain gitar. Ada beberapa yaitu A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C dan G. Pada umumnya gitar memiliki enam senar, mulai dari senar yang ada bagian paling bawah hingga paling atas. Gitar yang sering dimainkan oleh banyak orang ada dua jenis, yakni gitar elektrik dan akustik. Meski keduanya memiliki nada yang hampir mirip, ada perbedaan dari kedua jenis gitar ini, satu di antaranya pada bagian tuningnya.

2. Menentukan posisi bermain yang pas dan nyaman


Sahabat allegra langkah selanjutnya yaitu penting untuk mengetahui bagaimana posisi bermain dan cara memegang gitar yang benar. Sahabat allegra bisa mencoba untuk membuat diri merasa nyaman saat membawa gitar. Sebagai pemula, sahabat allegra bisa memangku gitar, mendekatkan badan gitar ke dada dan perut. Tahan badan gitar sambil menekan-kanan senar sembarangan.

Jika sahabat allegra merasa kurang nyaman, sahabat allegra bisa mengganti posisi gitar. Pastikan tahapan pertama ini adalah memilih posisi yang nyaman. Pasalnya, jika sahabat allegra tidak nyaman dengan posisi duduk sahabat allegra, akan membuat sahabat allegra tidak fokus saat belajar cara bermain gitar. Langkah-langkah menentukan posisi nyaman yaitu:

  • Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahu sahabat allegra.
  • Badan gitar dekatkan ke perut dan dada. Lalu, pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V - ibu jari di bagian belakang dan empat jari sisanya di depan.
  • Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kanan. Kemudian, coba tekan tekan senar secara asal, mulai pelan hingga cepat untuk melatih keseimbangan.
  • Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap lima menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Pada awal-awal, punggung dan bahu sahabat allegra mungkin akan terasa sakit. Tetapi, lama kelamaan sahabat allegra akan terbiasa.

3. Mempelajari cara tuning atau menyetel senar gitar


Ketika sahabat allegra sudah mendapatkan posisi yang nyaman, tahap selanjutnya yaitu menyetel senar gitar. Tidak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi jika baru pertama kali dibeli.

Sahabat allegra perlu belajar tuning agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu. Tak hanya itu, belajar cara tuning senar gitar penting karena bisa membuat telinga sahabat allegra terbiasa mendengar nada yang tepat. Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa sahabat allegra ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya.

4. Belajar memetik gitar


Belajar memetik gitar perlu sahabat allegra pelajari agar nada yang dimainkan bisa terdengar indah dan merdu. Pada tahap ini sahabat allegra perlu menggunakan lima jari sahabat allegra. Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika sahabat allegra memainkan kunci A, sahabat allegra hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B, maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.

KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

APALAGI DIMASA PANDEMI SEKARANG INI, PASTI KALIAN ADA YANG MERASA BOSAN DIRUMAH SAJA. KIRA-KIRA GIMANA CARANYA BIAR GAK BOSAN ?? NAH, DARI ITU ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, JADWALNYA FLEXIBEL DAN JADWALNYA BISA DISESUAIKAN DI AWAL PENDAFTARAN. SELAIN ITU, SELURUH PENGAJAR ALLEGRA SUDAH MELAKUKAN VAKSINASI.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.










Tidak ada komentar: