Kamis, 05 Januari 2023

APA ITU ALAT MUSIK MARAKAS?

 APA ITU ALAT MUSIK MARAKAS?




Apakah sahabat allegra mengetahuinya tentang alat musik marakas? Mungkin sahabat allegra pastinya sudah ada yang mengetahuinya dengan alat musik marakas. Bentuk alat musik ini hampir mirip dengan permen, dengan gagang panjang sebagai pegangan dan musik akan keluar pada bagian yang berbentuk bulat lonjong. 

Alat musik marakas adalah instrumen yang termasuk ke dalam golongan perkusi. Di dalam dunia musik, alat musik ini dikenal sebagao jenis idiofon. Itu berarti sumber suara dari alat musik ini berasal dari bentuk alat musik itu sendiri. Tiap negara punya sebutan yang berbeda-beda untuk alat musik ini.

Sebutan tersebut antara lain yaitu maraccas, marak, mbara'ka dan maracax'a. Di Indonesia, alat musik ini lebih dikenal dengan sebutan "ecrek-ecrek", yang memang merujuk pada bunyinya yang unik.

Sahabat allegra pada dasarnya, alat musik ini termasuk dalam bagian alat musik ritmis sebab tidak dapat membunyikan nada-nada teretntu, sehingga hanya digunakan sebagai pengiring irama sekaligus pengatur tempo lagu. 

Bahan dari alat musik marakas ini pada umumnya terbuat dari labu kering atau kulit hewan kering yang kemudian dijahit. Namun, ada beberapa marakas juga yang dibuat dari bahan kayu, batok kelapa, jerami, plastik, hingga sejenis buah squash. Di dalam marakas nantinya akan diisi oleh biji-bijian supaya dapat beresonansi dengan kulit luarnya.

Isi dari marakas ini bergantung pada pembuatnya, sehingga tidak ada jumlah pastinya. Selanjutnya, pada setiap marakas pasti akan terdapat sebuah batang atau tongkat kayu berbentuk silinder sebagai pegangan ketika memainkan alat musik tersebut. Bentuk dan ukuran marakas juga beragam, ada yang berbentuk layaknya apel besar, telur kecil dan lonjong.

Perbedaan bentuk dan ukuran marakas ini biasanya bergantung pada kegunaannya di setiap negara. Misalnya di negara Venezuela, alat musik marakas akan berukuran kecil, sementara di Amerika Selatan alat musik marakasnya berukuran sedang. Dari bentuk dan cara pembuatannya yang lebih sederhana dibandingkan dengan alat musik lainnya membuat banyak orang berpikir bahwa alat musik marakas tidak terlalu penting. Padahal, keberadaan alat musik marakas ini berperan penting untuk mengiringi musik, yakni sebagai penyeimbang irama ketukan.

Sahabat allegra perlu kalian ketahui, marakas adalah jenis alat musik yang berasal dari daratan Afrika. Dulunya, marakas bukan termasuk ke dalam mainan perkusi. Alias, alat musik ini dimainkan secara solo. Marakas dimainkan hanya di saat-saat tertentu saja, yaitu sebagai cara buat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tidak hanya di Afrika saja, suku Indian Kuno yang menempati benua Amerika sebelum kedatangan Christopher Colombus juga sering pakai alat musik ini buat instrumen penyembuhan. Seiring waktu, marakas mulai tersebar ke seluruh wilayah Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia. Sampai pada kahirnya, para pedagang dari dataran Eropa dan Afria mengenalkan instrumen marakas ini ke masyarakat Indonesia.


BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.

KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

APALAGI DIMASA PANDEMI SEKARANG INI, PASTI KALIAN ADA YANG MERASA BOSAN DIRUMAH SAJA. KIRA-KIRA GIMANA CARANYA BIAR GAK BOSAN ?? NAH, DARI ITU ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, JADWALNYA FLEXIBEL DAN JADWALNYA BISA DISESUAIKAN DI AWAL PENDAFTARAN. SELAIN ITU, SELURUH PENGAJAR ALLEGRA SUDAH MELAKUKAN VAKSINASI.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.










Tidak ada komentar: