Jumat, 06 Januari 2023

APA ITU ALAT MUSIK KASTANYET?

 APA ITU ALAT MUSIK KASTANYET?





Sahabat allegra apa itu alat musik kastanyet? Kastanyet merupakan alat musik ritmis untuk mengiringi irama tari-tarian Spanyol. Asal-usul penamaannya berasal dari kata castaina dalam bahasa Spanyol, yang berarti kastanya atau chesnut. Alat musik ini terdiri dari sepasang kepingan kayu keras berbentuk cekung atau gading gajah, mirip seperti kerang.

Kastanyet dimainkan dengan ditabuh atau ditepuk, diadu satu dengan yang lain di bagian tertentu. Katanyet dahulu dipakai orang-orang Fenisia, suku bangsa yang ada di negara-negara sekitar Mediterania, seperti Yunani, Turki, Italia, Spanyol.

Kemudian seiring berkembangnya waktu, alat musik kastanyet lebih sering dimainkan warga Spanyol dan menjadi salah satu warisan budaya negara tersebut. Di negeri Matador, kastanyet kerap dimainkan bersama gitar akustik untuk mengiringi tarian flamenco yang memiliki ciri khas pola-pola ritmik dengan hentakan kaki penari sperti tumit, hentakan ujung kaki dan seluruh telapak kaki. Biasanya kastanyet dipegang dan dimainkan langsung oleh penari wanita. 

Ada beberapa fungsi alat musik ritmis seperti kastanyet yaitu:
  1. Harmonisasi : Kastanyet dan alat musik ritmis sejenis bisa memberi harmonisasi pada suatu instrumen lagu atau musik. Saat dipakai, akan hasilkan suara khas, tanpa alat musik ritmis kurang sempurna.
  2. Mengiringi Lagu : Alat musik kastanyet punya fungsi penting untuk iringi suatu instrumen lagu. Bahkan alat musik jenis ritmis biasa dipakai untuk drama musikal atau film.
  3. Koreografi : Alat musik jenis ritmis termasuk kastanyet punya fungsi cukup beragam. Salah satunya misalnya koreografi. Saat dimainkan bakal hasilkan koreografi sempurna pada suatu lagu atau musik.
  4. Patokan Masuk ke Sebuah Lagu: Kastanyet dan alat musik ritmis bisa jadi patokan masuk dalam sebuah lagu yang sedang dimainkan. Lagu sendiri punya pakem, misalnya terdiri dari intro, verse, reff, autro dan lain sebagainya.
  5. Mengatur Jalannya Irama: Suatu lagu musik punya irama yang indah saat ditampilkan. Dengan alat musik ritmis seperti kastanyet, kita bisa mengatur nada dan irama mengisi instrumen musik.
  6. Pengarah Irama Lagu: Alat musik ritmis seperti kastanyet bisa menjadi pengarah irama lagu. Dengan kastanyet, kita bisa mengarahkan irama lagu akan semakin mudah sehingga lagu yang dimainkan enak didengar.
  7. Mengatur Tempo: Selain itu kastanyet dan alat musik lainnya bisa untuk atur tempo suatu lagu. Tanpa tempo tepat tidak akan hasilkan suatu musik yang harmonis.

BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.

KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

APALAGI DIMASA PANDEMI SEKARANG INI, PASTI KALIAN ADA YANG MERASA BOSAN DIRUMAH SAJA. KIRA-KIRA GIMANA CARANYA BIAR GAK BOSAN ?? NAH, DARI ITU ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, JADWALNYA FLEXIBEL DAN JADWALNYA BISA DISESUAIKAN DI AWAL PENDAFTARAN. SELAIN ITU, SELURUH PENGAJAR ALLEGRA SUDAH MELAKUKAN VAKSINASI.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.










Tidak ada komentar: