Selasa, 08 Desember 2020

MANFAAT MUSIK DI MASA PANDEMI

 MANFAAT MUSIK DI MASA PANDEMI

Musik bisa saja menjadi salah satu cara untuk mencegah stres karena terlalu banyak paparan informasi negatif terkait covid-19. Hal ini juga demi mencegah gangguan kesehatan psikosomatik.

Dokter konsultan psikosomatik Rudi Putranto mencotohkan, salah satu kegiatan yang mudah dilakukan adalah mendengarkan musik. Menurutnya, aktivitas tersebut bisa memperbaiki perasaan dan menenagkan.



" Hal-hal  seperti musik itu akan memperbaiki daya tahan kita," kata dokter dari devisi psikosomatik dan paliatif, Departemen penyakit dalam fakultas kedokteran Universitas Indonesia/rumah sakit cipto Mangunkusumo ini.

Dalam bincang-bincangnya dari graha BNPB, Jakarta pada minggu (21/06/2020), Rudi mengatakan bahwa musik dengan tempo atau ritme yang lambat dan bisa membuat rileks, mampu memperbaiki daya tahan tubuh dan menurunkan stres.

Sementara itu, aktivitas bernyanyi bersama juga mampu meningkatkan ikatan silaturahmi. Hal ini menurutnya sangat bermanfaat sangan bermanfaat di tengah kondisi pandemi covid-19.

Rudi mengatakan ada banyak alternatif agar orang-orang bisa menikmati musik bersama-sama mesik terhalang jarak akibat pemberlakuan protokol kesehatan pencegah covid-19.

"Menyanyi di rumah, ada juga menyanyi virtual di rumah masing-masing. Itu sangat bermanfaat,"

Selain musik, aktivitas menyenangkan lain juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa di masa pandemi. Beberapa kegiatan yang bisa di lakukan antara lain menulis, memasak, atau berolahraga. Rudi mengatakan, hal-hal tersebut juga perasaan lebih baik dan menengkan kita.



Dengan kondisi pandemi sekarang, pengajar dan siswa harus beradaptasi belajar online.

Biasanya ada satu masa dimana pendidik dan anak melakukan aktivitas bermusik langsung dalam skala besar secara bersama. Pengajar harus berusaha mencari kreativitas program yang melibatkan kebersamaan dalam jumah besar. Semua berpindah ke online.

Berikut 5 kendala dalam belajar musik online :

1. Faktor konseksi internet yang tidak stabil di indonesia

2. Faktor murid yang tidak memiliki instrumen musik di rumah

3. Faktor kemalasan berlatih

4. Faktor menyesuaikan adwal online padat

5. Faktor keuangan yang berdampak 


Buat kalian yang ingin menambah pengetahuan musik, selain tidak hanya mendapat ilmu musik di sekolah namun bisa mengasah kemampuan otak dan bermusik kalian bersama Allegra Private Music Course..

Segera daftarkan diri kalian, dan jangan lewatkan promo-promo Allegra di setiap tahunnya..☺



Tidak ada komentar: