Selasa, 01 Desember 2020

BELAJAR EKSPRESI DAN MENJIWAI MUSIK

 BELAJAR EKSPRESI DAN MENJIWAI MUSIK

Ekspresi
Seseorang penyanyi harus dapat membawakan lagu dengan baik dari satu ciptaan sesuai dengan jiwa lagu tersebut,misalnya sedih,gembira,semangat dan sebagainya.Sebuah lagu yang gembira harus pula disertai dengan mimik atau gerakan yang gembira pula.
Bernyanyi dengan perasaan berarti bernyanyi dengan hati.Sebelum menyanyikan laggu, sebaiknya kita sudah menghayati apa yang akan dinyanyikan. Karena selama bernyanyi harus menghayati isi nyanyiannya dengan perasaan atau hati.

Banyak penyanyi memusatkan perhatian pada dirinya sendiri, bukan pada nyanyian yang sedang di bawakan. Tidak ada nyanyian ekspresi yang di lakukan sambil mengingat inget lagu yang di bawakan, apalagi bila sambil membaca syairnya. Oleh karena itu sebelum tampil, hafalkan lirik lagu yang akan di bawakan. Setelah hafal lirik lagunya, pahami betul apa makna yang ada pada lagu tersebut, kemudian pahami makna dan pesannya,pastikan apakah jiwa dasar lagu itu sedih, marah, semangat,gembira, dan sebagainya.

Setelah cukup berhasil menjiwai syair dari lagu, menyanyikanlah melodi lagu tersebut tanpa syair dengan tetep mengintegritas pada jiwa dasar penafsiran tentang syair.
Setelah syair lagu di kuasai, masih ada satu lagi yang harus di lalui yaitu faktor musik pengiring yang berguna fungsinya untuk membawa pada perasaan yang lebih mendalam.

Ketika bernyanyi dengan iringan musik, satukan perasaan lagu dengan suasana musik pengiring. Kiat sederhana dalam menjiwai irama musik pengiring, yaitu berinteraksilah, terutama dengan salah satu instrumen apabila di iringi lebih dari satu instrumen, karena instrumen memiliki perasaan yang lebih menonjol terhadap irama.

Ekspresi adalah penguasaan syair lagu, sambil menjiwai atau menghayati secara keseluruhan. Untuk itu di perlukan beberapa teknik bernyanyi sebagai berikut:

Teknik Penjiwaan
 
Berikut 4 teknik penjiwaan bermain musik
1. Menghidupkan Tempo
2. Mengungkapkan Perasaan isi Lagu (Menghayati lagu)
3. Menjiwai Ornamen Musik
4. Menjiwai Tentang Dinamik

Buat kalian yang ingin menambah pengetahuan musik, selain tidak hanya mendapat ilmu musik di sekolah namun bisa mengasah kemampuan otak kalian bersama Allegra Private Musik Course..

Segera daftarkan diri kalian, dan jangan lewatkan promo-promo Allegra di setiap tahunnya...




Tidak ada komentar: