Sabtu, 28 November 2020

5 HAL PENTING BELAJAR MUSIK ORANG TUA HARUS TAHU

 5 HAL PENTING BELAJAR MUSIK ORANG TUA HARUS TAHU


Setiap kali kami bertemu dengan orang tua musid, kami sering memberitahu 5 hal penting yang patut di ketahui oleh mereka mengenai belajar musik . 5 hal ini patut di ingat dan dimengerti sehingga orang tua selalu mendukung proses belajar anak-anak.

1. BELAJAR MUSIK TIDAK ADA RELEVANSINYA DENGAN BAKAT

Belajar usik harus di mulai dari umur muda, yaitu 5-6 tahun. Apabila tidak, anak anda akan kehilangan momentum seperti yang kita ketahui, belajar musik praktek, tidak seperti belajar teori atau pelajaran sekolah. Memainkan alat musik hanya dapat di pelajari dengan bak apabila motorik dan otot tangan anak masih flexibl dan dapat di bentuk, dan ini biasanya di mulai dari umur muda (5-6 tahun). Dari pengalaman kami, anak yang usianya telah melampaui 13 tahun,akan agak sulit untuk belajar meminkan instrumen dengan baik karena otot dan motorik yang telah terbentuk (kaku). Maka itu, meskipun belajar dapat di lakukan juga pada umur dewasa, biasanya perfoma yang di dapat tidak dapat melampai bagi mereka yang belajar musik dari umur muda.

2. BELAJAR MUSIK TIDAK ADA RELEVANSINYA DENGAN BAKAT

Banyak orang tua murid yang bertanya kepada kami apakah mereka harus mendaftarkan anknya di sekolah musik,meskipun mereka marasa anaknya tidak mempunyai bakat musik sama sekali. Cara berpikir demikian sangat salah, karena belajar musik adalah proses pembelajaran informal yang sangat penting, terutama memberikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri.

Pelajaran di sekolah biasanya melatih anak untuk berpikir dengan otak kiri (matematika, hafalan, dsb) dan musik akan menyeimbangkan otak kanan(memainkan musik dengan indah harus menggunakan perasaan alam otak kanan). Anak dapat mempunyai musik tanpa bakat, dan hal ini sudah di buktikan bahwa dengan latihanyang konsisten dan bimbinganguru yang baik, akan anak dapat memainkan musik dengan baik meski tidak mempunyai bakat. Mempunyai  dan memberikan aprisiasi hubungannya dengan baik.


3. JANGAN SAMPAI ANAK BERHENTI BELAJAR MUSIK SEBELUM LULUS GRADE 5 (ABRSM EXAM)

Beberapa orang tua murid mengeluarkan anaknya dari sekolah musik  sebelum mereka mencapai grade 5. Hal ini tentunya membuang waktu dan biaya, karena anak akan melupakan segalanya apa yang telah di pelajari. Apabila seseorang seseorang sudah mencapai grade 5, setidaknya dia dapat membaca not serta memainkan musid dengan baik. Selain itu, motorik anak telah ter-program dengan baik sehingga meskipun tidak memainkan musik dalam jangka waktu lama, dia masih dapat melanjutkan pada umur dewasa.


4. JANGAN  KALAH BERNEGOSIASI DENGAN ANAK SEBELUM MEREKA LULUS SMA

Ada baiknya sebelum anak lulus SMA , orang tua murid terus  mendukung anaknya untuk belajar musik. the fate of  the child is the hands of parents, demikian yang di turunkan oleh shinichi suzuki (Guru besar violin dari jepang). Anak pada umur muda, kadang tidak tahu kegunaan musik. maka itu seringkali mereka malaslatihan atau bosan. Hal ini tentunya me-trigger anak untuk meminta keluar dari sekolah musik atau berhenti belajar. Pada kondisi ini, di butuhkan orangtua yang sangat supportif  terhadap belajar musik, karena tanpa dukungan dan motivasi, anak akan stop belajar dan tidak mempunyai skill bemain musik kemudian hari.

5. PADA ABAD 21,80 % ANAK DAPAT MEMAINKAN MUSIK

Apabila kita ditanya mengapa tidak dapat bermain musik? tentunya jawabannya cukup mudah, yaitu tidak ada kesempatan, biaya atau fakultas. Apabila anak kita ketika dewasa ditanyakan kenapa tidak dapat memainkan musik, mereka akan sulit menjawab. Hal ini karena hampir 80% anak akan sekarang semuanya belajar musik. Maka itu , apabila mereka tidak dapat bermain musik, mereka akan menjadi kuper (kurang pergaulan). Jangan sampai anak kita menyalahkan orang tua kemudian hari karena tidak mendukung mereka.


Buat kalian yang ingin menambah pengetahuan musik, selain tidak hanya mendapat ilmu musik di sekolah namun bisa mengasah kemampuan otak dan bermusik kalian bersama Allegra Private Music Course..

Segera daftarkan diri kalian, dan jangan lewatkan juga promo-promo Allegra di setiap tahunnya..



Tidak ada komentar: