Selasa, 11 Agustus 2020

PENGERTIAN KONTEMPORER MUSIK

  PENGERTIAN KONTEMPORER MUSIK


Kontemporer musik adalah istilah di bahasa Indonesia yang mengedepankan aktivitas kreatif pada konteks berbahasa inggris yang bisa di namakan dengan musik baru, musik kontemporer atau yang tepatnya di sebut dengan musik seni kontemporer.

Defnisi musik kontemporer lainnya yang memainkan musik tidak memakai alat musik asli, namun alunan musik yang di hasilkan cukup baik seperti memakai alat musik aslinya seperti memainkan musik dengan kaleng,pipa.

Keaneka ragaman dari musik ini secara resmi di akui dan di lembangkan dan dalam hal ini di tetepkan sebagai sebuah gerakan yang lebih besar yaitu pekan komponis.

Sebuah pertemuan tahuannya untuk para komposer dari berbagai daerah di indonesia.Pertemuan ini biasanya di laksanakan di taman Ismail Marzuki Jakarta.

Musik kontemporer muncul sejak abad ke-19.Kemunculan seni kontemporer berawal dari suatu gerakan seni lukis impresionis.

Kelompok yang membentuk gerakan tersebut ialah sekelompok pelukis dari prancis yaitu Degas, Monet, Renior, dan temannya yang lain.

Pembentukan gerakan tersebut di dasarkan ketidak setujuan mereka terhadap pandangan romantisme yang saat ini di terima oleh masyarakat dengan aliran seni baru yaitu impresionisme.

Aliran baru tersebut lebih  mengutamakan kesan atau impresi yang di buat dari karya seni. sehingga dalam musik kontemporer , banyak menggunakan elemen baru yang jelas menonjolkan dan menciptakan impresi.

Pada 3 bulan terakhir di abad ke-19, musik orkestrasi dan juga piano mulai menghasilkan suara-suara merdu yang bahannya berasal dari seni sastra dan seni lainnya.

Musik pada abad ke-20 menunjukan adanya pengaruh sastra dan seni dalam mekanismenya. Musik saat ini sudah memiliki banyak variasi serta warna musik yang beragam.

Mulai dari pos moderenisasi hingga impesionisme, selain itu muncul konsep melodi irama baru misalnya dari Stravinsky. Bantok, Coplad, Shostakovich, Prokofiev,Gorecki dan barber.

Di Indonesia, seni musik kontemporer mempunyai berbagai jenis variasi yang beraneka ragam , dan telah di teteapkan serta di akui sebagai suatu gerakan yang besar.

Sehingga pada tiap tahunnya, ada peringatan pekan komponis yaitu bagi para komposer di seluruh Indonesia.


Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum seni musik kontemporer:

1. Warna bunyi bisa sejenis atau bisa berbagai jenis.

2. Memiliki Improvisasi yang bervariasi mengikuti keinginan dari pemusik

3. Notasi musik hanya dapat di mengerti oleh pemusik karena notasinya di tulis dengan simbol atau tanda

4. Jenis tangga nada yang di pakai bervariasi

5. Jenis biarama tidak terpaku pada satu birama saja

6. Bunyi dapat berasal dari sumber yang beragam, bukan hanya dari instumen musik.

7. Dinamik dan tempo bervariasi.

8. Ada perubahan komposisi instrument

9. Banyak menggunakan modulasi(perubahan nada dasar)

10. Dinamik dan tempo dengan variasi tak lazim.

11. Harmoni lepas diri dari sistem toanl (pengelompokan tingkat aktor)


Itulah beberapa ciri-ciri yang di miliki Oleh seni musik kontermporer. Apakah kamu sudah cukup paham akan pnjelasan di atas mengenai karakteristiknya.


Baut kalian yang ingin menambah pengetahuan musik,selain tidak hanya mendapat ilmu musik di sekolah namun bisa mengasah kemampuan otak dan bermusik kalian bersama Allegre Private Musik Course..

Segera daftarkan diri kalian, dan jangan lewatkan juga promo-promo Allegra di setiap tahunnya..☺




Tidak ada komentar: