Rabu, 22 Juli 2020

6 KRITERIA LAGU YANG PAS UNTUK ANAK

6 KRITERIA LAGU YANG PAS UNTUK ANAK



Dunia maya tengah dihebohkan dengan  mengenai vidio "Lelaki kardus" yang di lantunkan seorang anak perempuan. Lagu yang mengisahkan kemarahan anak terhadap sosok ayahnya yang menduakan ibunya untuk konten menjadi perbincangan, karena liriknya di nilai tidak layak di lantunkan oleh anak-anak. Dikhawatirkan, anak-anak pun akan mengira bahwa lagu "Lelaki kardus" itu juga merupakan lagu anak-anak yang kata-katanya tidak mereka tirukan.

Peristiwa ini juga makin menegaskan fakta bahwa lagu anak-anak saat ini memang langka, terlepas dari kisah di balik pembuatan lagu dan vidio tersebut. Karena itu, orang tua harus tetap cermat memilih lagu untuk anak-anak, sebab tidak semua lagu yang di nyanyikan oleh anak-anak ternyata pas untuk anak. Berikut kriteria lagu yang pas untuk anak.


1. Lagu Gembira

Lagu bernada gembira lebih di sarankan ketimbang lagu sedih. Lagu gembira akan membuat anak semangat melantunkannya dan menari-nari energik. Dengan begitu gerak motoriknya akan lebih tersimulasi. Boleh saja memperdengarkan lagu sendu dan syahdu saat anak-anak beranjak tidur.

2. Kalimat Sederhana

Pilih lagu yang  syairnya tidak terlalu panjang dengan kata-kata yang sederhana. seperti lagu cicak di dinding yang hanya berisi 4 kalimat. Ini akan mudah di dengarkan dan di pahami anak. Ia dikenalkan dengan bentuk seekor cicak, merayap di dinding, makanannya serangga, belajar bergerak seperi cicak, dan lainnya.Ada banyak manfaat yang dapat anak dari lagu ini. Beda jika kalimatnya hingga 3 paragraf, berisi kata-kata cinta,kebencian,pengibaratan, akan sulit di lantunkan dan di pahami anak.

3. Tilik Syair dan Musiknya

Idealnya lagu anak-anak syairnya sederhana tidak terlalu abstrak, dan musiknya tidak terlalu ramai(seperti musik disco, rock, dan metal).

4. Hindari Kata Kasar Dan Cabul

Sesekali boleh saja memberikan anak bernyanyi lagu orang dewasa. Namun pilih lagu yang tidak berisi kata-kata kasar, cabul dan melecehkan .
Dikhawatirkan anak malah meniru kata-kata tersebut di kesehariannya.
demikian pula lagu yang berirama keras karena akan membuat anak agresif.

5.Bernyanyilah Dengan Wajar

Saat bernyanyi , minta ia mengeluarkan volume suara yang wajar, tidak berteriak-teriank, bergaya alami khas anak-anak. Sangat baik jika kita mencontohkan bagaimana cara menyanyi yang baik, berdiri tegak, mengambil napas lewat hidung, mengucapkan lafal kata dengan jelas dan lainnya.

6.Tuntun  Ia Dengan Bernyanyi

Jika anak masih kesulitan bernyanyi, contohkanlah. Lakukan dengan lambat agar ia bisa mengikuti . Pilihlah lagu yang paling mudah buat anak. Jika ia tak bisa melafalkan kita bisa bersenandung saja dengan "La..la..la.."

Nah, itu tadi 6 kriteria lagu yang pas untuk anak. Agar anak tidak terus-menerus menyanyikan lagu orang dewasa, dan mau menyanyikan lagu anak-anak yang baik, Mama lah yang harus menyediakan lagu-lagu tersebut untuk mereka.


Buat kalian yang ingin menambah pengetahuan musik, selain tidak hanya mendapat ilmu musik di sekolah namun bisa mengasah kemampuan otak dan bermusik kalian bersama Allegra Private Music Course..

Segera daftarkan diri kalian , dan jangan lewatkan juga promo-promo Allegra di setiap tahunnya.☺



Tidak ada komentar: