Kamis, 14 Mei 2020

Latihan Alat Musik Drum


Untuk teman-teman yang sedang belajar menekuni instrumen drum, terkadang memiliki beberapa kendala, yaitu faslitas untuk berlatih drum di rumah sendiri, meliputi alat musik drum set itu sendiri. Selain itu ada juga dampak suara yang diciptakan saat berlatih drum akustik jika tidak memiliki ruangan yang layak kedap suaranya mungkin bisa sangat bising. 

Sebagai perbandigan, berlatih gitar akustik, trompet atau keyboard bisa di ruang apa saja tanpa mengganggu orang lain karena volumenya yang relativ tidak terlalu keras saat dimainkan atau instrumen-instrumen lain cukup dan dapat dimainkan di mana saja. Namun mungkin di benak orang-orang untuk berlatih drum nampaknya dibutuhkan berbagai macam syarat terlebih dahulu, seperti ruang studio yang kedap suara, drum set yang layak dimainkan, mungkin speaker/ampli untuk mainkan lagunya, dll. 
Dan secara anggaran mungkin itu tergolong tidak begitu terjangkau.

Jika kondisi di atas belum tercapai, sebenarnya masih banyak alternativ lain (dari pengalaman prbadi) supaya kalian masih bisa berlatih, di antara lain :

  • Kamu bisa belajar di studio musik dan kamu juga bisa mengikuti kursus yang menjanjikan satu ini di Allegra Private Music Course untuk mendapatkan keahlian bermain musik.
    Keunggulan studio musik yaitu alat-alat dan fasilitas sudah memadai dan memenuhi standart biasanya. Kalian bisa juga buat klip atau rekaman jika fasilitasnya mendukung .

  • Drum elektrik juga bisa menjadi solusi pengganti untuk bisa berlatih drum di rumah . Keunggulan dari drum listrik ada banyak, yaitu sangat ringan, mobile, selain ukurannya yang bisa disesuaikan, volumenya pun dapat di atur agar tidak terlalu keras, bisa didengarkan menggunakan headphones atau bisa juga dengan speaker/amp.
    Jadi dengan drum listrik kalian bisa berlatih kapanpun dan di ruang apapun tanpa mengganggu keluarga. Namun ada perbedaan sedikit untuk feel bermain karena permukaannya yang berbeda dengan drum akustik. Untuk harga dapat di sesuaikan dengan kantong, jika beli yang baru range harga bisa dari 5 juta – 15 jutaan. Jika beli yang second bisa dibawah 5 juta.

  • Bisa juga berlatih menggunakan drum pad, yaitu seperti papan (bulat atau segi 8 pada umumnya) dengan permukaan atasnya dilapisi sejenis bahan karet, dengan ukuran relativ kecil seperti piring. Drum pad sebenarnya menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh drummer, karena dengan alat ini biasanya kita dapat berlatih sticking, rudiments dan juga koordinasi tangan atau untuk pemanasan sebelum berlatih drum atau sebelum main live.

    Karena ukuran yang lumayan kecil serta ringan, drum pad bisa di bawa ke maana saja untuk latihan, di dalam kamar hotel, tour bus, saat menunggu pesawat/ kereta dll. Jika kalian belum memiliki drum set akustik atau elektrik maka kalian dapat gunakan drum pad untuk latihan di rumah. Drum pad dapat di taruh di stand snare, atas kursi atau bahkan atas paha. Gerakan koordinasi yang telah kalian pelajari dapat di aplikasikan di drum pad. Misalnya gerakan basic groove, tangan kanan dan kiri seolah memainkan hihat dan snare, kaki menginjak lantai untuk gerakan kick. Untuk harga termasuk relativ terjangkau dibawah 100rb kalian bisa dapatkan dengan kualias yang bagus.

  • Terakhir masih ada cara yang lebih simple untuk berlatih drum jika kalian masih belum memiliki fasilitas di atas, yaitu hanya menggunakan sepasang drum stick. Sebagai permukaan yang di pukul kalian dapat menggunakan perabotan rumah tangga yang mungkin terbuat dari bahan tidak terlalu keras, seperti dudukan kursi, pinggir kasur, bantal, sofa, dll.
    Sekali lagi gunakan koordinasi yang telah dipelajari dan aplikasikan gerakan seolah – olah sedang bermain drum. Dan jika belum memiliki drum stick pun kalian masih dapat gunakan kedua tangan kalian, dengan posisi duduk dan memukul lutut/paha.


Nah dengan belajar memainkan alat musik juga bisa memberikan banyak manfaat lho.

Bermain musik dapat meningkatkan koordinasi tubuh, melatih konsentrasi, ketekunan, dan daya ingat. Kamu juga bisa mengikuti kursus yang menjanjikan satu ini di

Allegra Private Music Course untuk mendapatkan keahlian bermain musik.

Kamu juga bisa pilih kursus musik sesuai dengan minat kamu seperti bernyanyi, bermain piano, drum, gitar, biola, saxophone dan alat musik lainnya.


Dengan memiliki keterampilan di bidang musik, kamu juga berkesempatan menjadi guru musik atau bekerja sebagai pemusik lhoo .


Dan kami juga bisa dengan sistem online class loohh, yang gak kalah seru dengan les tatap muka .


 

Tidak ada komentar: