Jumat, 14 Juni 2019

Panduan membeli Saxophone untuk pemula

Jangan hanya mendengar dari satu orang saja . Karena mungkin orang yang kamu tanyakan juga penjual saxophone dan memberikan jawaban berdasarkan barang dagangan yang di punya saja . Coba tanyakan pendapat beberapa orang sebelum membeli . Beberapa pertimbangan yang bisa diambil .


  • Ukuran Saxophone
Ukuran yang umum dimainkan dari yang kecil adalah Soprano, Alto, Tenor, Baritone . Untuk remaja dan anak-anak saran membeli saxophone nya lebih di sesuaikan ke ukuran badan agar lebih nyaman untuk belajarnya . Lebih disarankan membeli yg Alto jika ukuran badan normal . Semakin besar saxophone nya maka bobot dan udara yang digunakan untuk meniup akan semakin besar .

Semakin kecil saxophone maka nada/suara yang dihasilkan semakin tinggi frekuensinya dan kebalikan nya semakin besar saxophone maka nada/suara yang di hasilkan akan semakin rendah frequensinya . 


Perlu diingat setiap jenis saxophone memiliki tingkat kesulitan yang berbeda . Semakin kecil saxophone nya maka semakin sulit di kontrol tetapi semakin sedikit nafas yang dibutuhkan untuk menghasilkan suara dan kebalikan nya .

  • Merek dan Harga
Perbedaan harga untuk saxophone sangat jauh antar merek dan jenis . Tentu hal memusingkan bagi yang baru mengenal saxophone takut salah beli di awal dan menyebabkan permainan menjadi sulit berkembang . 

Pertimbangan membeli saxophone pertama anda adalah isi kantong yang ingin anda investasikan untuk belajar . Pertama adalah cek isi kantong anda, jika sekitar 5 juta mungkin saxophone buatan china/taiwan seperti Ostrava, Harrier, Maxtone, Valentine sudah layak dijadikan teman bermain .

Jika mempunyai isi kantong lebih dapat mempertimbangkan merek seperti Yamaha, Henri Selmer, P. Mauriat dan lain sebagainya . Harga nya berkisar 15-30 juta untuk jenis pemula . Dan dapat mencapai ratusan juta untuk profesional dan custom model .

Saxophone merek dan harga apapun yg anda pilih tidak akan mempengaruhi cara bermain anda sampai tahap anda mengerti betul mengenai perbedaan tersebut . Selama kondisi saxophone tersebut layak pakai silahkan sesuaikan dengan kantong anda .

  • Apakah masih butuh aksesoris lain untuk membantu meningkatkan permainan ?

Mungkin saat membeli anda akan ditawari beberapa aksesoris tambahan yang jika anda membeli sekaligus mungkin mendapat diskon seperti Mouthpiece, Ligature dan sebagainya .
Sebenarnya aksesoris yang disediakan saat membeli saxophone sudah cukup walaupun kualitas nya tidak terlalu bagus . 
Namun saat anda mengerti kenapa "tidak terlalu bagus" maka disaat itulah anda butuh memperbaharui aksesoris anda . Karena membeli di awal untuk sesuatu yang anda tidak mengerti sangat, tidak disarankan karena disaat anda mengetahui nya dan tidak sesuai dengan selera anda akan sia-sia dan tidak dapat digunakan .

Image result for reed saxophone
Yang perlu anda siapkan sebagai cadangan adalah Reed (sebilah bambu kecil untuk sumber bunyi), beli beberapa nomor (nomor menentukan ketebalan reed tsb) kami sarankan beli nomor 1 dan 1,5 dan 2 dan 2,5 masing-masing satu buah .

Nah setelah membeli silahkan mencoba membunyikan nya di rumah atau langsung belajar di tempat les atau bersama teman untuk mencoba saxophone yang anda gunakan sudah sesuai tune nya dan dalam keadaan baik serta semua yang anda butuhkan untuk bermain sudah lengkap .




Berikut beberapa merek dan type saxophone yang biasa digunakan untuk murid (pemula) yang banyak beredat di Indonesia :

  1. Yamaha YAS 280, YAS 21, YAS 23, YAS 26, YAS 275
  2. Selmer Bundy I dan II (bekas)
  3. Leblanc vito japan (1 pabrik dengan yamaha)
  4. Buffet Evette (prancis)
  5. Selmer AS 300

Tidak ada komentar: