Kamis, 13 Juni 2019

Mitos Belajar Piano !!

Artikel STACCATO, edisi November 2012

Mitos yang tanpa sadar meracuni pikiran dan ideologi mereka tentang praktek studi musik piano . Mitos-mitos ini jelas-jelas tidak hanya konyol dan salah, tetapi juga merusak motivasi dan mentalitas individu dalam mempelajari musik .
Sudah saatnya masyarakat menjadi kritis, logis, "Open Minded", realistis, dan meraih inti dari bermain musik yang sesungguhnya . Because just like sports, music is 90% mental !!

  • Bakat atau Kerja Keras? Both ! Talent without hard work is impossible and vice versa .

Belajar piano ibarat atlet seni ice skating dan balerina yang mengkombinasikan unsur teknik dan seni keindahan (nilai artistik) . Apakah seorang skater dan ballerina tidak membutuhkan kerja keras? Dalam dunia atlet, latihan adalah menu hariannya . Seorang Pianis professional umumnya menghabiskan waktu berlatih 4-8 jam sehari seperti layaknya pekerja kantoran .

  • Belajar Piano itu susah
No . Struktur dan design piano memungkinkan seseorang untuk bisa membunyikan nada pada piano, tidak seperti biola yang membutuhkan waktu yg tidak sebentar untuk menghasilkan satu nada . Tetapi hal ini tidak berarti seseorang bisa memainkan Chopin Piano Concerto dalam dua atau tiga kali pertemuan seperti yang sering ditulis di internet atau buku-buku "mahir memainkan piano dalam sekejap"
Image result for which step have you reached today
Not Only About Fun ! Tidak hanya sekedar keinginan atau mood saja, belajar piano membutuhkan disiplin yang tinggi, latihan yang continue, ketekunan dan support dari orang tua serta lingkungan yang kondusif .
Tidak ada jalan pintas dan instan dalam belajar piano . 

So, start practicing on you piano !

  • Telat belajar Piano

No. Tidak ada kata terlambat dalam belajar piano . Semua orang bisa mempelajari piano tanpa kecuali, tergantung dari dirinya sendiri, motivasi dan tujuan dari belajar piano itu sendiri . Jaman sudah berubah, makna dari bermain piano telah mengalami rekonstruksi . Bisa bermain piano tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang berbakat saja dan anak kecil . 
So, you never too old to learn piano !

  • Belajar Piano dengan keyboard

No. Terkadang orang hanya memikirkan jalan pintasnya saja, tanpa mempertimbangkan efek samping nya . Walau keyboard bisa menghasilkan bunyi keras dan lembut, tetapi sistem mekanik (hammer technique) piano akustik berbeda dengan keyboard .
Anak yang mempelajari piano pada keyboard akan menemukan banyak hambatan dalam bermain piano, mulai dari berat tuts yang berbeda (lebih berat), dan kepekaan ketajaman pendengaran yang tidak mungkin dilatih pada keyboard . Anak akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam melatih musikalitas, tone production dan teknik dasar yang paling fundamental .
Ketika beralih dari keyboard ke piano pun, anak akan menghabiskan waktu lebih banyak lagi karena harus berlatih dari dasar lagi .

Seeing is believing . Makes them experience how exciting playing music could be !

  • Harus bisa membaca Notasi Balok

Yes and No, Begitu banyak faktor dalam belajar musik dan piano . Yang menjadi permasalahan adalah orang selalu sibuk dengan ideologi bahwa bermain piano harus di mulai dengan musik klasik . Membaca notasi balok dan boring . . 
Membaca notasi balok adalah bagian dari proses belajar piano itu sendiri . Akan lebih mudah mengenali struktur musik, mempermudah proses belajar musik dan berlatih . Tentu saja faktor ketajaman pendengaran, dedikasi yang tinggi, guru yang baik pun turut berperan dalam hal ini .

  • Semakin lama berlatih, semakin baik
Image result for latihan piano memakai metronom
No . Kualitas lebih penting daripada kuantitas . Kuantitas tidak dapat menggantikan kualitas . Carilah cara untuk berlatih yang efektif, optimal dengan fokus yang jelas, target rasional dan realistis, dan tersegmen !
Hindari latihan berulang secara terus menerus dalam durasi yang sangat panjang tanpa arah yang jelas ! Karena apabila tidak konsentrasi, semuanya akan menjadi sia-sia saja .
Namun tetap berlatih piano butuh kerja keras dan disiplin yg tinggi . Jangan sampai tertanam bahwa piano is all about fun . Belajar piano butuh waktu yang sangat panjang dan barangsiapa yang ingin belajar piano harus menyediakan waktu ekstra untuk berlatih . 

FIND AND PRESS THE RIGHT BUTTON

Mungkin juga perlu ditekankan disini bahwa guru piano bukanlah tukang sulap, melainkan partner dan konsultan dalam pendidikan musik anak . Belajar piano dibutuhkan standar minimal yang harus di penuhi, seperti meluangkan waktu untuk berlatih, dukungan semua pihak, komunikasi yang baik antara guru - murid - orang tua, mudah-mudahan dari semua usaha tsb bisa membuat anak mencintai musik dan bisa mengapresiasikan dirinya lewat musik . 

Start with yourself ! Ready ? Play !!

Tidak ada komentar: