Sabtu, 15 Juni 2019

Tantangan Utama Belajar Biola


Pada instrumen biola, ketika kita ingin mempelajarinya ada beberapa tantangan yang akan kita hadapi. Beberapa tantangan tersebut terkadang mengecilkan niat kita untuk melanjutkan pembelajaran . 
Oleh karena itu, hal tersebutlah yang paling memicu kegagalan kita dalam belajar biola .

Intinya, pelajaran yang dapat kita peroleh adalah ; jangan pernah menyerah dalam menghadapi tantangan, karena sesungguhnya tantangan adalah suatu keindahan .


  • Sulitnya belajar biola
Sesungguhnya tidak ada kata sulit bagi orang yang mau berusaha . Sesulit apapun tantangan yang akan kita hadapi, bila terus belajar dan sungguh - sungguh maka kita akan berhasil meraih apa yang kita impi-impikan .

Ketika belajar biola, kita juga harus mempunyai mental yang kuat . Ketika menghadapi segala macam kesulitan, kita tidak boleh menyerah begitu saja .

Maka dari itu, jangan pernah menyerah untuk belajar dan terus belajar . Keberhasilan itu tak ada yang instan . Jika sudah begitu, tidak ada lagi kata "Sulit dalam belajar Biola" . 


  • Tantangan-tantangan yang akan kita hadapi dalam belajar biola
Ketika baru belajar biola, kita akan mendapatkan tantangan yang cukup terasa bila kita tak bisa menikmati segala proses dalam belajar itu sendiri .
Umumnya beberapa tantangan terberat yang akan kita hadapi diantaranya :

- Belajar menggunakan bow (busur)

Ya, secara materi hal inilah yang kerap dirasakan bagi seseorang yang masih pemula dalam belajar biola . Secara umum tentu kita sudah tahu apa itu biola . Biola adalah alat musik gesek . Dan alat yang kita gunakan untuk menggesek tak lain dan tak bukan adalah bow .

Untuk bisa menghasilkan suara yang bersih dan merdu, perlu penguasaan yang baik dalam menggunakan bow .
Oleh karena itu, teknik "Bowing" sudah pasti harus kita kuasai bila ingin berlajut ke tahap pembelajaran yang sesungguhnya .

- Menemukan / mencari nada

Jika kita sudah bisa menggesek dengan baik, kita perlu menekan nada-nada yang paling tepat . Percuma bila kita bisa menggesek tapi hanya membunyikan senar secara polos .

Untuk bisa menemukan nada yang cocok (tidak fals) pada biola awalnya kita pasti akan kesulitan karena biola memang termasuk ke dalam golongan alat musik fretless (tanpa fret) .



Awalnya kita akan mempelajari tangga nada tentunya, agar bisa mencari nada yang tepat, tidak fals, dan komopatibel dengan urutan tangga nada . Kita akan mempelajari nya pada satu oktaf terlebih dahulu, dan kemudian berlanjut ke oktaf-oktaf selanjutnya / lainnya .

- Waktu

Dalam belajar apapun itu, kita tak terlepas dari yang namanya waktu . Artinya, seberapa sanggup kita meluangkan waktu untuk belajar . Seberapa besar kemauan kita untuk meluangkan waktu  yang kita miliki untuk belajar . 

Bila kita sudah bersungguh-sungguh niat untuk bisa bermain biola, tentu kita juga akan bersungguh-sungguh untuk meluangkan waktu yang kita miliki untuk belajar dengan tekun .

Jika kita hanya malas-malasan dan belajar semaunya / asal-asalan, jangan berharap banyak terhadap keberhasilan kita menguasai instrumen biola . 

Penutup :

Ketika kita sudah memutuskan untuk belajar biola, kita harus benar-benar bersungguh-sungguh, rajin, dan tekun dalam belajar . 
Sehingga dengan demikian, mampu membuat biola terdengar indah dan merdu bukanlah suatu hal yang mustahil lagi . 



Tidak ada komentar: