Kamis, 11 April 2019

Les Musik Piano, Keyboard, Drum, Gitar, Vocal, Biola, Saxo dan Flute

Alat musik modern !!

Perkembangan zaman membuat alat musik juga semakin berevolusi menjadi benda pengiring musik terbaik yang diciptakan manusia tentu nya dengan kecanggihan yang ada saat ini . Dengan didukung dengan alat musik modern yang canggih alunan nada yang disampaikan juga akan lebih terasa di dalam jiwa .

Saat ini alat musik modern sudah banyak kita jumpai . Gitar menjadi salah satu alat musik modern yang paling pesat perkembangannya, berikut adalah beberapa alat musik modern gitar yang harus diketahui :

  • Gitar Akustik
Adalah jenis gitar yang biasanya digunakan utk penampilan yang sederhana .

Gitar akustik ini terbuat dari kayu yang baguss dan berkualitas karena untuk gitar akustik pemilihan kayu akan berpengaruh terhadap nada yang akan keluar dari gitar akustik . Untuk memainkannya gitar akustik tidak memerlukan peralatan elektronik, bisa dimainkan biasa dan sederhana .






  • Gitar Elektrik/Listrik
Gitar elektrik berbeda dengan gitar akustik untuk menghasilkan suara gitar elektrik harus tersambung dulu dengan arus listrik untuk menciptakan nada . Dengan tambahan alat berupa loud speaker akan membuat suara gitar keluar lebih keras . Suara gitar listrik dihasilkan dari petikan senar yang mengenai kumparan badan gitar atau biasa disebut pick up .


Gitar elektrik biasa digunakan untuk penampilan show pemusik rock untuk memperindah alunan nada dan lagu yang dimainkan . 


👉 Alat musik modern tiup, sangat banyak sekali alat musik modern tiup yang sering kita jumpai . Bahkan kita pernah memainkan nya, berikut adalah alat musik modern tiup yang perlu kita ketahui diantaranya : 👇

  • Saxophone 
Hamper sama dengan terompet . Saxophone dibuat oleh adolphesak dan disitulah alat musik ini pertama kali hadir dan nama yang diambil terinspirasi dari si pembuat saxophone ini .
Bentuk nya lebih melengkung dan memiliki banyak tombol untuk menghasilkan nada . Saxophone biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz dan juga digunakan untuk acara seremonial pengirin group musik besar . Banyak merk saxophone yang terkenal yaitu Yamaha, La sax, Lincoln dan Subaru . Pemain saxophone biasanya disebut sexfonis . 


  • Flute 
Adalah instrumen musik dari keluarga woodwind . Suara flute berkarakter lembut dan dapat di kombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik . 
Flute concert standar di pitch di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C . Tetapi pada beberapa flute untuk profesional ada key tambahan untuk mencapai nada B di bawah minddle C . Ini berarti flute merupakan salah satu instrumen orkestra yang tinggi .
Piccolo yang lebih tinggi lagi dari flute, Piccolo adalah flute kecil yang di -pitch satu oktaf lebih tinggi dari flute concert standar . Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkestra .

  • Harmonika
Adalah yang berikutnya alat musik modern ini sama cara memainkannya dengan alat musik yang ditiup lainnya . Namun harmonika memiliki bentuk yang kecil dari ukuran alat musik modern tiup lainnya dan persegi panjang .
Dari pembaharuan ini harmonika semakin canggih seiring dengan modifikasi yang dilakukan . Kini harmonika memiliki 90 tipe yang berbeda dan bisa di gunakan untuk mengiringi musik apa saja tentunya dengan suara yang berbeda . 

  • Klarinet 
Memiliki bentuk seperti terompet namun ukurannya yang kecil . Untuk klarinet berasal dari bahasa Italia yang dibagi menjadi dua bagian yaitu "Et" yang artinya kecil dan "Clarion" yang artinya terompet . Cara memainkannya ditiup dengan beberapa reed . Istilah bagi pemain klarinet biasanya disebut klarinetis . 


Dengan menggunakan alat musik modern nada yang akan dihasilkan ketika bermain musik akan lebih nikmat didengarkan . Perkembangan zaman telah membantu kita untuk semakin mencintai seni dalam bermusik . Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba nya . 

Tidak ada komentar: