Rabu, 10 April 2019

Alat Musik Modern Piano

🎹 Piano adalah alat musik yang berikutnya . 🎵

Jumlah tuts yang ada pada piano lebih banyak dan juga ukuran piano lebih banyak . Meskipun cara memainkannya sama namun piano biasanya digunakan di kegiatan yang sifatnya seremonial dan besar .  Karena piano mampu menghasilkan nada yang mendayu-dayu dan membuat kita nyaman mendengarkan nya .

Alat musik piano akan menghasilkan alunan nada yang indah di pertunjukan mahakarya pemusik ataupun acara formal, berikut adalah beberapa jenis alat musik piano yang perlu kita ketahui diantaranya ;

  • Grand Piano
Piano yang ini disebut Grand Piano .. biasa kita temukan ketika melihat pertunjukan musik . Piano ini sering digunakan oleh pemusik hebat untuk mengiringi musik yang dimainkan . Instrument yang di hasilkan jika menggunakan piano ini akan lebih indah .

Piano ini memiliki kotak akustik yang ditidurkan, dengan deretan senar-senar akustik yang ditidurkan . Merk yang paling eksekutif dari piano ini adalah Steinway namun jika di Indonesia kita sering menemukan merk piano ini dengan merk Yamaha . Harga piano ini kisaran sekitar 400 juta .


  • Upright Piano

Jenis piano ini adalah akustik dengan 88 tuts beserta senar . Yang membedakan dengan grand piano adalah kotak akustiknya terletak di bagian luar sehingga menghemat tempat . Bagi kita yang ingin bermain piano namun ingin menghemat tempat, upright piano menjadi pilihan tepat untuk kita .




  • Digital Piano


Rentang nada yang sama dengan piano sepanjang 88 nada .
Model tuts nya masih menggunakan tipe grand-hammer atau efek yang kita rasakan dari bermain piano ini sedikit berat, seperti mengetukkan palu ke senar-senar nada .






  • Keyboard

Hampir sama dengan piano namun bedanya keyboard bisa memainkan suara alat musik yang lainnya seperti gitar, drum, biola . Memainkan keyboard juga harus menyambungkannya dengan aliran listrik jika tidak ada aliran listrik maka keyboard tidak akan bisa dimainkan . Berbeda dengan piano yang tanpa aliran listrik sudah bisa di mainkan . 





  • Organ
Alat musik yang hampir sama seperti keyboard . Nada yang dihasilkan dari organ adalah dari tiupan udara yang masuk ke sejumlah pipa yang ada di organ tersebut . Masuknya udara ke dalam organ inilah yang akan mengatur nada yang akan kita keluarkan . 






Dengan menggunakan alat musik modern nada yang akan dihasilkan ketika bermain musik akan lebih nikmat didengarkan .


Perkembangan zaman telah membantu kita untuk semakin mencintai seni dalam bermusik. oleh karena itu tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba nya . 

Tidak ada komentar: