Sabtu, 30 Maret 2019

Musik Bisa Membawa Hal Positif

Musik bisa membuat kita pintar?



Kita sering mendengar kalau musik dapat membuat kita lebih pintar. Orangtua yang mendaftarkan anaknya les musik sejak kecil dan ibu hamil yang memperdengarkan musik kepada janin di kandungannya merupakan contoh nyata kalau masyarakat benar-benar percaya akan efek musik terhadap kemampuan kognitif. Tapi, sebenarnya benar atau tidak kalau musik benar-benar berpengaruh terhadap kemampuan kognitif kita?

Penelitian mengenai efek musik terhadap kemampuan kognitif sudah banyak diuji, dan salah satu yang paling terkenal terdapat artikel yang disusun oleh Rauscher, Shaw dan Ky pada tahun 1993 yang menemukan adanya "Mozart Effect", di mana partisipan yang mendengarkan musik Mozart memiliki kemampuan spesial di banding partisipan yang tidak mendengarkan apa-apa.
meskipun efek ini hanya terjadi selama 10-15 menit dan partisipannya adalah mahasiswa, dampaknya pada masyarakat tidak bisa diremehkan. 

Jadi, musik apakah benar membuat kita pintar?

Schellenberg (2005) sudah membuktikan nih kalau ada asosiasi positif antara pelajaran musik dengan kemampuan membaca, mtk, dan verbal. Anak-anak yang mengikuti pelajaran musik juga di laporkan memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding dengan mereka yang tidak. Kok bisa begitu?
Schellenberg menduga hal ini bisa terjadi karena ada banyak kemampuan yang dilatih pada kelas musik, seperti konsentrasi, mengingat, motorik, kemampuan mengingat, dsb. Selain itu, musik merupakan domain yang meningkatkan pemikiran abstrak dan mempelajari musik mirip dengan mempelajari bahasa kedua.


Bukan itu saja, masih ada yang lebih hebat nih!!
Strait dan Kraus (2011) menemukan kalau musik adalah alat yang kuat untuk membentuk struktur dan fungsi neuron, terutama yang berhubungan dengan pemprosesan auditoris.  Efeknya tidak hanya terbatas pada jaringan musik otak, tapi berlaku juga pada pemprosesan auditoris general, seperti kemampuan berbicara. Hal ini bisa terjadi karena adanya kesamaan mekanisme yang mendasari kemampuan musik dan bahasa seperti mendengar dan membaca dalam keadaan berisik.
Yang lebih keren lagi, musik sudah mulai digunakan untuk membantu anak-anak yang memiliki gangguan dalam membaca.


Ternyata banyak juga yah sesuatu yang membawa kita ke hal positif (termasuk dalam bermusik)



Untuk kalian Adik-adik, Kakak-kakak, bahkan sekalipun Orangtua yang ingin belajar bermain alat musik. Bisa banget nih joint bareng kami di Allegra Private Music Course. Selain bisa mendapat ilmu musik, namun hasilnya bisa mendapatkan sertifikat Internasional juga 😉


Yuk,, buruan gabung
dengan Allegra belajar bisa menjadi sangat menyenangkan !!















Tidak ada komentar: