Selasa, 13 Agustus 2024

APAKAH SEKOLAH MUSIK BANYAK DIMINATI MASYARAKAT???

 APAKAH SEKOLAH MUSIK BANYAK DIMINATI MASYARAKAT???



Musik bagi banyak orang lebih dari sekadar hiburan semata. Banyak orang yang akhirnya menjadikan musik sebagai bagian penting dari hidupnya sampai dijadikan profesi.

Musik yang diminati oleh banyak orang ini akhirnya menjadi satu mata pembelajaran yang diajarkan institusi-institusi pendidikan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekolah yang menyediakan dan bahkan memfokuskan musik sebagai pelajar utama dalam sistem belajar mengerjakannya.

Berikut beberapa sekolah musik pada tingkatan menengah atas di indonesia yang bisa menjadi pilihan.

1. SMKN 2 CIBINONG 

Sekolah menengah kejuruan 2 cibinong yang terletak di jl.SKB no.1, Keradenan, Kec.cibonong, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Salah satu lulusan dari sekolah ini adalah penyanyi muda Hanin Dhiya, Runner-up dari Rising Star Indonesia edisi 2014.

Pada bulan April kemarin, SMKN 2 Cibinong mengadakan music show bertajuk "TELISIK" yang mengangkat tema budaya Indonesia yang dikemas dengan lebih moderen. Pada hari yang sama, tepatnya tanggal 16 April 2022 lalu mereka juga mengadakan acara musik lainnya yang tertajuk "90's Show".

2. SMKN 2 KASIHAN

Membawa visi menjadi sekolah unggulan dalam bidang musik klasik yang berwawasan kearifan lokal keimanan dan katakwan, SMKN 2 Kasihan yang merupakan sekolah menengah musik (SMM) ini didirikan atas inisiatif dari masyarakat musik dan budayawan Indonesia khususnya yang berada di kraton Yogyakarta. Sekolah yang memfokuskan siswanya untuk merangkus pendidikan musik tersebut menyediakan beberapa kategori alat musik untuk dijadikan pilihan fokus pembelajaran mulai dari alat musik tiup, gesek, gitar, piano, perkusi, bahkan vokal.

Keseriusan dalam bermusik yang diberikan oleh SMM ini terlihat dari kerja sama yang dijalin oleh SMM dengan institusi-institusi musik mulai dari jogjakarta Philiparmonic Orchestra LPM Alfarabi. Addie MS-Twilite Orchestra sampai Vista Sympionic Orchestra.

Selain itu, para siswa dari SMM ini juga berhasil meraih berbagai prestasi dalam dunia musik. Terbaru, SMKN 2 Kasihan ini dipercaya oleh pusat prestasi nasional (Puspresnas) Kemindikbudristek untuk memberi dukukan pada acara opening ceremony international olypiad in informatics (IOI) ke-34 tahun 2022 berupa orkestra di laboratorium seni institut seni indonesia pada 9 Agustus 2022.

3. SMKN YAYASAN MUSIK INDONESIA

Sekolah menengah kejuruan musik SMKN yayasan musik indonesia didirikan pada 2008, sekolah menengah kejuruan musik Jakarta dibangun atas dasar filosofi musik untuk semua orang. SMKM yayasan musik indonesia ini menyediakan kurikulum international berbasis seni pertunjuksn dengan berisikan 60% musik dan 40% subjek pelajaran umum sesuai standar nasional.

SMKN juga memiliki jaringan Internasional yang bisa mendukung siswa selama belajar di sana seperti Opus dan Organum musik store dan recording & production. Sekolah ini juga menjalin kerja sama dengan pemerintahan indonesia agar siswanya bisa mendapat beasiswa untuk disabilitas dan berkebutuhan khusu. Sekolah ini berlokasi di jl.Letnan Sutopo kv III A, BSD city, Tanggerang Selatan.

4. SMK MUSIK PERGURUAN CIKINI

Sekolah menengah kejuruan musik perguruan cikini ini merupakan sekolah musik yang menjalankan sistem Boarding School. Berdiri di bawah naungan yayasan perguruan cikini, sekolah ini sudah terakreditasi A dengan menjalankan yang mengacu pada pendidikan Soft Skill dan Hard Skill.

Perogram pendidikan yang ada pada sekolah ini terbagi menjadi dua, program akademik terbagi menjadi : muatan nasional, muatan kewilayahan, muatan permintahan kejuruan, dan muatan lokal.

SMKN perguruan ini memiliki program-program yang menunjang kemampuan musik siswanya seperti praktik instrumen, musik tradisi, teknologi musik dan jumat apresiasi musik siswa (JAMS). 

5. SMKN 3 SUKAWATI BALI

Terletak di Jl.Taak Indah, Batubulan,Sukawati, Gianyar, Bali, SMKN 3 Sukawati ini menyediakan 2 jenis kejuruan musik yaitu Seni Musik populer dan karawitan. Terakhir, SMKN 3 Sukawati Bali ini Turut serta dalam Peserta kesenian Bali ke-44 tahun  2022.

Para siswa dari SMKN 3 Sukawati Bali tersebut menampilkan pertunjukan teater dengan diiringi musik karawitan. Selain itu, para siswa juga ikut serta dalam seleksi 3 festival lomba jingle "Nangun sat kerthi loka Bali".

Nah, jadi bisa kita simpulkan bahwa masyarakat sangat berminat untuk kejuruan musik.

 BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482 DAN https://wa.me/6285692899541 .

KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.




 

Tidak ada komentar: