Rabu, 03 Juni 2020

Beri Dukungan untuk Dokter serta Pasien Covid-19 Lewat Musik

Sejumlah seniman dan pekerja kreatif asal Yogyakarta menginisiasi gerakan bernama Merdu Ruang atau disebut Meruang. Lewat Meruang, sejumlah lagu dirangkai menjadi playlist yang rancang untuk menemani pekerja medis dan pasien dalam masa pandemi COVID-19.

Ramai Dukungan untuk Petugas Medis yang Berjibaku di Garda Depan ...

Diadakannya proyek musik Meruang itu merupakan bentuk dukungan moral para pekerja kreatif pada tenaga medis dan pasien yang berjuang memerangi penyebaran virus Corona.

"Bersama musisi berinisiatif membuat susunan musik dengan tujuan terapeutik untuk melapisi soundscape ruang-ruang di rumah sakit," tulis keterangan yang diterima detikHOT.

"Meruang memiliki makna dapat menggapai keseluruhan ruangan, yang dimaksud dalam proyek inisiatif ini untuk memberikan kesegaran ruangan melalui musik," sambung keterangan tersebut.

Ada dua macam jenis musik yang dipilih untuk masuk dalam playlist Meruang, yakni Karawitan Jawa dan elektronik.

Musisi yang berpartisipasi dan mengizinkan lagunya digunakan dalam proyek tersebut antara lain Agnes Obel, Aphex Twin, Arrio, Azimuth, Chuck Johnson, Deep Learning, Field Works, Floating Points, Four Hands, Four Tet, Gamelan Pacifica, Gigi Masin, Golden Ivy, Group Listening, GS Schray, H Takahashi, Hiroshi Yoshimura, Inoyamaland.

Ada pula JB Dunckel & Jonathan Fitoussi, Jon Hopkins, Joseph Beg, Joseph Shabason, K. Leimer, Kara-Lis Coverdale, Keluarga Karawitan RRI Surakarta, Kuniyuki Takahashi, Linkwood & Greg Foat, Nanang Bayuaji & Wahyu Thoyyib Pambayun, Nils Frahm, Osborne.
Serta Pengrawit Mangkunegaran (via Seven Seas), Pengrawit STSI dan Kraton Surakarta (via Yantra Production), Ripperton, Sattle, Slow Attack Ensemble, Ultramarine, Visible Cloaks, Yoshio Ojima & Satsuki Shibano, Wilson Tanner, Wing Narada, X.Y.R., dan Yamaneko.
Lagu-lagu yang dipilih bukan tanpa alasan. Lagu yang dipilih haruslah dapat menjadi terapi untuk mengurai stress dan ketegangan para tenaga medis dan pasien.

"Materi audio Meruang dicari jenis musik yang dapat menyalurkan ketenangan, kenyamanan, harapan, dan semangat," ungkap keterangan.

Selain dapat diakses melalui situs meruang.com, layanan playlist musik itu juga dapat diakses secara offline.

Sejumlah lagu yang dirangkum dalam playlist itu akan disimpan dalam flashdisk dan didistribusikan pada rumah sakit dan klinik yang memiliki keterbatasan internet.

Terima Kasih Kepada TIM Medis yang Masih Berada di Garis Terdepan ...



Nah dengan belajar memainkan alat musik juga bisa memberikan banyak manfaat lho.

Bermain musik dapat meningkatkan koordinasi tubuh, melatih konsentrasi, ketekunan, dan daya ingat. Kamu juga bisa mengikuti kursus yang menjanjikan satu ini di

Allegra Private Music Course untuk mendapatkan keahlian bermain musik.

Kamu juga bisa pilih kursus musik sesuai dengan minat kamu seperti bernyanyi, bermain piano, drum, gitar, biola, saxophone dan alat musik lainnya.


Dengan memiliki keterampilan di bidang musik, kamu juga berkesempatan menjadi guru musik atau bekerja sebagai pemusik lhoo .


Dan kami juga bisa dengan sistem online class loohh, yang gak kalah seru dengan les tatap muka .



Tidak ada komentar: