Kita tak pernah menghafalkan liriknya atau nadanya .
Yang kita tau semakin lagu itu di nyanyikan kita juga ikut bernyanyi layaknya kita pernah menghafalkan dan tau makna nya . Ternyata memang musik dan nyanyian sangat bermanfaat buat anak usia dini lohh !!!!
Berikut Penjelasan nya :
Dalam Psikologi belajar, kita tahu bahwa belajar akan lebih efektif bila kita tau apa yang akan kita pelajari . Sekecil apapun pengetahuan tentang subjek yang kita pilih akan memudahkan kita memperoleh dan menggali informasi baru sekitar subjek tersebut .
Ketika anak dapat menghubungkan informasi baru dengan informasi lama yang sudah dimiliki nya, anak akan lebih tertarik pada subjek tersebut . Dengan demikian anak akan dapat belajar dengan tujuan yang jelas .
Melalui musik anak akan menemukan cara belajar yang menyenangkan . Setelah menyanyikan lagu asing atau lagu yang berasal dari daerah lain, seperti lagu "Twinkel - Twinkel", anak -anak akan mengenal kata kata asing (Bahasa Asing) beserta budaya nya .
Melalui bernyanyi anak dapat meningkatkan kemampuan dan minat nya terhadap bahasa dan budaya bangsa lain . Lebih luas lagi melalui musik, guru dapat memperkenalkan dan merangsang ketertarikannya pada materi bidang ilmu yang lainnya, seperti berhitung / aritmatika, sosial, sains dan sebagainya .
Dengan demikian proses belajar akan lebih mudah dan guru dapat membangun sebuah jaring - jaring ketertarikan belajar yang positif pada anak usia muda tersebut .
Pemanfaatan musik dalam kelas adalah sesuai dengan teori - teori belajar Multisensory . Guru sebaiknya mengembangkan kemampuan kinestetik anak sebagai salah satu cara memperkaya pengalaman belajar anak . Melalui musik sebagian besar kemampuan - kemampuan tersebut akan dapat difasilitasi .
Berbagai kemampuan di dapat ketika bermain musik dan bernyanyi bersama
Kemampuan Auditif dapat dikembangkan ketika anak - anak bernyanyi atau bermain musik bersama - sama . Sedangkan kemampuan visual dan kinestetiknya dikembangkan ketika anak - anak menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama musik . Dan ketika anak - anak bermain alat - alat musik (memukul - mukul) gendang kecil, menggerak - gerakan lonceng dan sebagainya) .
Musik juga dapat berfungsi sebagai alat yang membantu meningkatkan informasi - informasi yang terpendam dalam ingatan anak .
Syair lagu "Kebunku" ciptaan ibu Sud yang berbunyi : "Lihat kebunku penuh dengan bunga, ada yang putih dan ada yang merah" . Akan membuka kotak ingatan nya .
Nyanyian dapat membantu memperkuat daya ingat anak akan fakta - fakta yang sudah mereka ketahui sebelumnya .
Dengan bernyanyi proses mengingat kembali akan lebih menyenangkan daripada dilakukan dengan hafalan atau membaca yang membuat mereka 'terpasung' di meja nya .
Musik dan nyanyian merangsang kreatifitas dan membantu membentuk sikap yang positif anak untuk siap belajar di sekolah .
Dengan keakraban dengan musik yang telah di bangun pada tahun - tahun sebelumnya, musik akan mengisi ruang - ruang kosong aspek sosial dan emosional yang sering terjadi di sekolahnya .
Musik dapat memperbesar rasa percaya diri ketika anak dihadapkan pada ruang besar dan teman - teman serta guru nya yang pada awal nya dirasakan sebagai ancaman .
Ketika anak dapat menghubungkan informasi baru dengan informasi lama yang sudah dimiliki nya, anak akan lebih tertarik pada subjek tersebut . Dengan demikian anak akan dapat belajar dengan tujuan yang jelas .
Melalui musik anak akan menemukan cara belajar yang menyenangkan . Setelah menyanyikan lagu asing atau lagu yang berasal dari daerah lain, seperti lagu "Twinkel - Twinkel", anak -anak akan mengenal kata kata asing (Bahasa Asing) beserta budaya nya .
Melalui bernyanyi anak dapat meningkatkan kemampuan dan minat nya terhadap bahasa dan budaya bangsa lain . Lebih luas lagi melalui musik, guru dapat memperkenalkan dan merangsang ketertarikannya pada materi bidang ilmu yang lainnya, seperti berhitung / aritmatika, sosial, sains dan sebagainya .
Dengan demikian proses belajar akan lebih mudah dan guru dapat membangun sebuah jaring - jaring ketertarikan belajar yang positif pada anak usia muda tersebut .
Pemanfaatan musik dalam kelas adalah sesuai dengan teori - teori belajar Multisensory . Guru sebaiknya mengembangkan kemampuan kinestetik anak sebagai salah satu cara memperkaya pengalaman belajar anak . Melalui musik sebagian besar kemampuan - kemampuan tersebut akan dapat difasilitasi .
Berbagai kemampuan di dapat ketika bermain musik dan bernyanyi bersama
Kemampuan Auditif dapat dikembangkan ketika anak - anak bernyanyi atau bermain musik bersama - sama . Sedangkan kemampuan visual dan kinestetiknya dikembangkan ketika anak - anak menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama musik . Dan ketika anak - anak bermain alat - alat musik (memukul - mukul) gendang kecil, menggerak - gerakan lonceng dan sebagainya) .
Musik juga dapat berfungsi sebagai alat yang membantu meningkatkan informasi - informasi yang terpendam dalam ingatan anak .
Syair lagu "Kebunku" ciptaan ibu Sud yang berbunyi : "Lihat kebunku penuh dengan bunga, ada yang putih dan ada yang merah" . Akan membuka kotak ingatan nya .
Nyanyian dapat membantu memperkuat daya ingat anak akan fakta - fakta yang sudah mereka ketahui sebelumnya .
Dengan bernyanyi proses mengingat kembali akan lebih menyenangkan daripada dilakukan dengan hafalan atau membaca yang membuat mereka 'terpasung' di meja nya .
Musik dan nyanyian merangsang kreatifitas dan membantu membentuk sikap yang positif anak untuk siap belajar di sekolah .
Dengan keakraban dengan musik yang telah di bangun pada tahun - tahun sebelumnya, musik akan mengisi ruang - ruang kosong aspek sosial dan emosional yang sering terjadi di sekolahnya .
Musik dapat memperbesar rasa percaya diri ketika anak dihadapkan pada ruang besar dan teman - teman serta guru nya yang pada awal nya dirasakan sebagai ancaman .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar