Sabtu, 13 April 2019

Stimulasi Musik Dalam Perkembangan Anak

♥ Anak anak dan Musik : šŸŽµ
" Manfaat Stimulasi Musik dalam Perkembangan Anak "


Banyak artikel dan tips tentang cara mendidik anak yang baik, salah satunya melalui musik . Ini adalah hal yang mudah karena kita bisa menemukan musik di mana saja . 

Kita sebagai orang dewasa mendengarkan musik untuk menghibur dan menyenangkan hati, untuk memperbaiki mood yang buruk, dan untuk memberikan suasana yang ceria . Namun, apa manfaat musik untuk anak-anak?

♥ Manfaat stimulasi musik untuk anak

Musik yang tepat akan menstimulus gerak janin, memberikan ketenangan dan meredam kegelisahan . Jangan salah, walaupun masih di janin juga bisa merasakan gelisah jika kita sedang gelisah atau berada di tempat yang riuh dan musik akan membantu menenangkannya . 

♥ Stimulasi musik untuk anak

Musik akan menyelaraskan gerak tubuh dan kerja otak . anak-anak bisa belajar kosakata baru melalui lirik di sebuah lagu atau anak akan belajar berbagai gerakan ketika sedang menari dengan iringan musik . Hal ini bisa menjadi latihan untuk motorik kasarnya . 

Musik yang dimainkan atau diperdengarkan bersama akan membuat anak-anak belajar lebih kreatif, mudah berkompromi, melatih konsentrasi, berbagi dan bekerja sama . Hal-hal ini akan sangat berguna ketika anak-anak memasuki usia sekolah atau terjun di masyarakat yang lebih luas . 

♥ Stimulasi musik untuk anak sesuai tahapan usia nya . 

Musik adalah sarana untuk anak berekspresi, mengemukakan emosi melalui lagu dan tarian .


  • Musik untuk babyšŸŽµ
 Baby lebih dulu mengenali irama dibandingkan ketika mereka mengenali kata-kata . Pilih lagu anak dengan lirik sederhana yang bisa dinyanyikan sambil memandikan, bermain atau menyuapi nya . Tak ada salahnya memberikan stimulasi musik untuk anak dengan irama lembut .


  • Musik untuk usia batita šŸŽµ
Pada usia dini, anak-anak sangat gemar menari mengikuti irama . Pada usia ini anak-anak juga sudah mengenali lebih banyak kosakata . Ia dapat mengenali lirik lagu dengan lebih baik dan tak jarang menggantinya dengan kata lain untuk membuatnya lebih lucu . 


  • Musik untuk anak usia batita šŸŽµ
Pada usia ini, anak-anak sudah mulai mengenal instruksi . Mereka juga mengenal musik sebagai suatu irama yang utuh berbentuk lagu atau nyanyian . Tidah hanya mendengarkan, coba lakukan stimulasi musik untuk anak dengan libatkan nya dengan aktivitas mengikuti lirik lagu . Musik juga bisa digunakan sebagai alat pencair ketika anak-anak ini berkumpul pertama kali sehingga mereka bisa lebih akrab satu sama lain . 

  • Musik untuk anak usia sekolah šŸŽµ
Pada usia ini, anak-anak mulai belajar menghitung dan membaca . Kedua hal ini akan lebih mudah dipelajari dengan media musik . Melalui lagu-lagu dengan lirik berupa angka atau abjad, anak-anak akan belajar menghitung dan membaca dengan lebih menyenangkan . Saat usia ini, anak-anak juga sudah bisa dikatakan siap jika ingin belajar tentang instrumen musik . Jadi tak ada salahnya menawarkan les musik kepada anak-anak . 


"Tidak ada salahnya memberikan stimuasi musik untuk anak sejak dini, dengan musik anak-anak bisa menjadi lebih tenang dan lebih bersuka cita . anak-anak akan memperoleh banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya . Manfaat yang kelak akan menjadi bekal anak-anak memasuki dunia yang lebih luas dan menantang" . 


Tidak ada komentar: