Sabtu, 06 April 2019

Definisi Tentang Musik

Musik adalah suatu bentuk seni atau hiburan yang mengandung Irama dan Keharmonisan, serta musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa di hasilkan oleh beberapa alat musik.


Beberapa orang menggangap musik tidak berwujud sama sekali, sedangkan musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme .

Definisi tentang musik juga bermacam-macam yaitu ;

  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.

Musik pop memiliki ciri khas berupa musik nya yang easi listening dan memiliki lirik yang komersial. Selain sederhana dalam lirik dan musik yang cenderung bertemakan hal-hal komersial, keistimewaan lain yang dimiliki oleh musik pop adalah penggunaan berbagai inovasi teknologi untuk menunjang musik nya . Misal proses mixing yang dapat menghasilkan nada-nada yang enak didengar dan lebih bervariasi . 
Hal-hal itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa musik pop banyak digemari, terutama oleh para remaja .

Banyak hal yang dipelajari dalam musik, misalnya Teori, Suara, Nada, Notasi, Ritme, Melodi, Kontrapun musik, Harmoni, Bentuk musik, Teori mencipta lagu . 

Teori musik suara

menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periode nya, melainkan dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasaya dijelaskan dalam tala Pitch (tinggi nada), Durasi (berapa lama suara ada), Intensitas dan Timbre (warna bunyi) .

Teori musik nada

suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. 

Teori musik ritme

ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Nada-nada tertentu dapat dilaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).

Teori musik notasi

notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, disamping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika dan sebagainya .

Teori musik melodi

rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu.

Teori musik harmoni

harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang di bunyikan bersamaan biasanya disebut akord .




Selain membahas soal teori, suara, nada, notasi, ritme, melodi, musik, harmoni, bentuk musik, teori mencipta lagu, kini mau beralih ke alat musik dimana alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau di modifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. 
Namun nanti akan kami lanjutkan di pembahasan blog selanjutnya yah hehehe . .

Tidak ada komentar: