Selasa, 16 April 2019

Cara Memainkan Alat Musik Gitar


Cara memainkan alat musik gitar yang utama adalah kita harus mengenali dahulu gitar tersebut apakah gitar tersebut termasuk Gitar Klasik, Akustik atau Elektrik .



Lalu kenali bagian-bagian pada gitar, mana yang body, mana leher, mana fret dan mana senarnya .

1. Pegang Gitar



  • Peganglah gitar dulu secara baik dan benar, sesuaikan apakah kalian kidal atau tidak, jika kidal urutan senar harus dibalik dan cara memegang gitarnya pun berbeda . 
  • Lalu cobalah untuk memetik gitar, jika kalian bukan kidal maka petiklah senar menggunakan tangan kanan . Setelah itu cobalah untuk menekan-nekan senar pada fret menggunakan tangan kiri .
2. Stem Gitar

  • Stem gitar atau menyetel gitar adalah cara agar suara yang dihasilkan gitar tidak fals atau tidak sumbang lagi, bisa juga digunakan untuk mengatur nada dasar . Untuk para pemula mungkin akan susah untuk melakukan stem gitar tanpa bantuan alat , kalian bisa gunakan alat yang biasa dijual di toko musik atau aplikasi dari handphone kalian .
3. Terus berlatih


  • Teruslah berlatih terutama untuk menekan senar pada fret, cobalah semua fret dengan menekan satu-satu dan petiklah senar yang ditekan tersebut . 
    Ulangi terus menerus hingga kalian mulai nyaman baik dalam menekan atau berpindah-pindah dari fret satu ke fret lain nya .
4. Penempatan jari


  • Pada penekanan senar di fret kalian harus memperhatikan penempatan jari tersebut, tekanlah pada bagian tengah-tengah fret yang letaknya di tengah dua pembatas logam antar fret .
    Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya suara berdengung, selain itu selalu tekan senar sekuat tenaga . 

Berikut adalah beberapa penjelasan bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Gitar 🎸 . .

Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba bermain alat musik gitar ini .


Tidak ada komentar: