Selasa, 27 Februari 2024

Misteri Asal Usul Gitar

 

 Jejak Penemu yang Belum Terungkap

Meskipun gitar telah menjadi instrumen musik yang sangat populer di seluruh dunia , asal usulnya dan siapa yang menemukan gitar pertama kali masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. mari kita telusuri sedikit lebih dalam tentang siapa yang mungkin menjadi penemu gitar.


1. Gitar Kuno

Sejarah gitar dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno, dengan instrumen senar yang mirip dengan gitar ditemukan dalam budaya Mesir, Yunani, dan Romawi. Namun, instrumen-instrumen alat musik lainnya daripada gitar modern.

2. Awal Gitar

Gitar dalam bentuk yang lebih mirip dengan yang kita kenal saat ini mulai muncul pada abad pertengahan, terutama di spanyol. Gitar gitok, yang memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan gitar modern, digunakan dalam musik klasik Spanyol pada abad ke-15.

3. Kontribusi Torres

Lahir 13 Juni 1817, di La Cañada de San Urbano, Spanyol, Antonio de Torres Jurado mengubah bentuk, suara, dan daya tarik gitar di seluruh dunia, yang saat ini bisa dibilang sebagai instrumen paling populer di planet ini.

Sebelum Torres, gitar merupakan sebuah tas campuran—ada yang besar, ada yang kecil, ada yang memiliki beberapa rangkaian senar (yaitu, kumpulan dua senar dalam kombinasi empat, lima, enam, delapan atau lebih). Banyak yang memiliki emas, perak, permata berharga, dan hiasan tubuh dan leher lainnya. Yang paling penting adalah bahwa suara mereka jarang mendekati suara yang kita miliki saat ini. 

Julian Bream berpendapat bahwa gitar klasik lama, sebelum Torres, adalah “sampai batas tertentu merupakan instrumen yang dipikirkan dengan matang” karena didasarkan pada gitar Barok abad ke-18, tetapi dengan senar tunggal, bukan berpasangan, dan dengan string bass ekstra ditambahkan. Hal ini tampaknya akan menempatkan gitar ke dalam peran yang berpotensi lebih menuntut. “Tetapi karena alasan tertentu,” kata Bream, “ada sedikit atau tidak ada kompensasi yang tercermin dalam ruang suara di dalam instrumen untuk beresonansi dengan frekuensi rendah yang baru ditemukan.” Kompensasi itu tidak akan terjadi sampai Antonio de Torres datang.

Kejeniusan Torres bukan karena ia secara pribadi menemukan kembali desain instrumennya, melainkan karena ia berhasil menyatukan beberapa inovasi dalam konstruksi gitar, yang banyak di antaranya telah ada selama beberapa dekade. Beberapa merupakan karya perintis dari yang lain, namun Torres menyempurnakannya dan memasukkannya ke dalam proses konstruksinya sendiri. Hasilnya adalah instrumennya jauh lebih baik dalam kualitas suara secara keseluruhan, serta kemampuan bermain, sehingga secara drastis mengubah aliran konstruksi gitar Spanyol, dan kemudian, seluruh dunia.

4. Pengaruh Awal

Sejumlah tokoh dan budaya memiliki kontribusi dalam perkembangan gitar, termasuk orang-orang Moor, yang membawa pengaruh musik Arab ke Spanyol, serta pengembangan teknik konstruksi yang ditingkatkan selama abad pertengahan.

5. Misteri yang Belum Terpecahkan

Meskipun ada banyak teori tentang siapa yang menemukan gitar pertama kali, kebenaran sebenarnya masih menjadi misteri. Banyak aspek dari evolusi gitar masih belum diketahui dengan pasti, dan asal usulnya tetap menjadi subjek debat di kalangan sejarawan musik.

6. Warisan yang Kuat

Meskipun asal usulnya masih di perdebatkan, tidak bisa diragukan lagi bahwa gitar telah menjadi salah satu instrumen musik yang paling populer dan ikonik di dunia. Gitar telah memainkan peran penting dalam berbagai genre musik dan menjadi simbol budaya yang kuat di seluruh dunia.

Dengan banyaknya teori dan kontribusi yang terlibat dalam sejarah gitar, penemuan sebenarnya masih menjadi misteri yang belum terungkap sepenuhnya. Namun, apa pun asal usulnya, tidak bisa disangkal bahwa gitar telah mengubah wajah musik dan mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.


BUAT KAMU YANG INGIN BELAJAR BERNYANYI DAN BERMAIN ALAT MUSIK, KAMU BISA DAFTAR DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE, BANYAK PROMO DAN DISKONNYA LOH !! KALIAN JUGA BISA LIHAT DI www.allegramusiccourse.com. ATAUPUN BISA TANYA LANGSUNG KE https://wa.me/6281283351482.


KAPAN LAGI ADA SEKOLAH MUSIK YANG BANYAK PROMO DAN DISKONNYA. HANYA ADA DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. SEKOLAH MUSIK YANG BERSERTIFIKAT INTERNATIONAL.

TUNGGU APALAGI, BURUAN DAFTAR SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN PROMO MENARIK LAINNYA. BANYAK BANGET KELEBIHAN KURSUS MUSIK DI ALLEGRA PRIVATE MUSIC COURSE. KAMI JUGA SERING MENGADAKAN KONSER DAN UJIAN, BAIK UJIAN LOKAL MAUPUN INTERNATIONAL.












Tidak ada komentar: