Selasa, 09 Juni 2020

Berlatih Musik Bisa Meningkatkan Perkembangan Otak & Kemampuan Berbaca


Gagasan bahwa pelatihan musik memiliki efek 
yang positif pada fungsi kognitif, telah lama menjadi sumber perhatian. Penelitian terhadap hal ini pertama kali muncul pada awal abad ke-20. Penilaian Standarisasi dari IQ dan kemampuan musik menyebutkan bahwa keduanya berkorelasi dan diperkirakan bahwa partisipasi dalam pelatihan musik bisa meningkatkan IQ (kecerdasan intelektual).

Baru-baru ini, penelitian telah bergeser fokusnya dari efek pelatihan musik pada kecerdasan global, menjadi berfokus pada manfaat kemampuan khusus dan tugas pada individu.

Pelatihan musik telah terbukti menyebabkan perbaikan dalam berbagai kemampuan yang berbeda, misalnya memori dan pembelajaran spasial. Selain itu, kemampuan bahasa seperti memori verbal, melek huruf dan kecerdasan verbal telah terbukti sangat manfaat dari pelatihan musik.

Musisi juga lebih mahir mengolah kemampuan bicara dalam lingkungan di mana terdapat sejumlah besar latar belakang kebisingan, memiliki kecenderungan lebih besar untuk memproses sinyal pendengaran yang dalam beberapa cara terdegradasi dan menunjukkan sebuah manfaat atas rekan-rekan musik naif mereka ketika mendeteksi titi nada di kedua musik dan bahasa. Kemajuan terbaru dalam teknologi juga telah memungkinkan peneliti untuk menyelidiki ke dalam saraf-dasar (fungsional, struktural dan elektrofisiologi) dari adaptasi ini.


Respon otak

Sebuah penelitian baru, yang dipublikasikan dalam Proceedings of National Academy of Sciences, bertujuan untuk meneliti perkembangan saraf pada masa remaja dan pengaruh dari bentuk-bentuk pengalaman tertentu, seperti pelatihan musik.

Metode Neurofisiologis diadopsi untuk mengukur subkortikal dan respon kortikal terhadap kemampuan berbicara di dalam otak pada dua kelompok remaja sebuah SMU di daerah Chicago, AS. Satu kelompok mengambil bagian dalam grup pelatihan musik, dan kelompok lainnya mengambil bagian dalam program Pelatihan Kesatuan Petugas Cadangan Junior. Pemilihan minat salah satu dari dua program ini merupakan bagian dari kurikulum sekolah, yang turut andil di dalamnya peneliti utama, Adam Tierney dari Northwestern University.

Dengan metode tersebut, memungkinkan Adam dan tim penelitiannya menilai bagaimana otak para peserta menyandikan kemampuan bicara sebelum dan sesudah tiga tahun mengikuti kedua pelatihan tersebut. Kemampuan berbahasa juga dinilai menggunakan tugas kesadaran fonologi – seperti meminta remaja untuk membuat kata baru dengan menjatuhkan suku kata atau unit suara dari kata yang diucapkan. Mereka juga dinilai menggunakan tugas fonologis memori, di mana mereka harus mengulang kembali daftar angka atau kata-kata non-Inggris, dan tugas penamaan yang cepat, di mana mereka harus membaca keras daftar huruf atau angka dengan cepat dan akurat semampu mereka.

Pada masa remaja, otak belum sepenuhnya dikembangkan dan pada daerah tertentu belum mencapai kedewasaan, yang membuat masa usia ini sangat menarik untuk dilakukan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok membuat perbaikan di semua tugas bahasa, seperti yang diharapkan selama periode tersebut dalam perkembangan mereka – akan tetapi, peningkatan yang lebih besar dalam tugas kesadaran fonologi terjadi pada kelompok yang menjalani pelatihan musik.

Menggunakan metode ini, memungkinkan para peneliti melacak tingkat perkembangan saraf di dalam otak peserta. Mereka dapat mengukur perjalanan waktu yang lazim dari perubahan yang terjadi pada tahap ini dalam pengembangan dan menilai setiap perubahan yang terjadi pada kelompok pelatihan musik, ataupun pelatihan petugas.


Para peneliti mengamati perkembangan otak normal yang terjadi di usia kedua kelompok tersebut. Bagi mereka yang ikut dalam pelatihan musik, periode waktu di mana daerah otak yang sedang berkembang dan yang bertanggungjawab untuk memproses pendengaran adalah lebih panjang jika dibandingkan dengan mereka yang ikut pelatihan petugas. Kelompok pelatihan musik juga menunjukkan waktu kursus dipercepat untuk mencapai pengembangan kortikal dewasa. Oleh karena itu hasil ini menunjukkan bahwa partisipasi dalam pelatihan musik dapat mempercepat perkembangan otak dan dapat bermanfaat bagi kemampuan aksara.

Musik dan bahasa

Musik berfungsi potensial sebagai tempat pelatihan bagi kemampuan berbahasa dan mungkin juga penawaran potensial pada suatu kegiatan yang efektif, ekonomis dan menyenangkan, yang bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak-anak di seluruh dunia jika diterapkan di sekolah. Memberikan pelatihan musik pada usia remaja bisa membantu pemicu awal dan mempercepat kematangan otak mereka.

Keuntungan ini mungkin juga berpotensi untuk memberikan perangkat tambahan pada kemampuan yang lebih luas, seperti pembelajaran bahasa kedua. Studi ini menunjukkan bahwa pelatihan musik bisa membantu memperpanjang jendela waktu di mana otak berkembang dan mampu menangani input pendengaran yang kompleks, yang pada gilirannya bisa membuat pembelajaran bahasa kedua lebih terjangkau bagi orang-orang yang harus berjuang keras.

Hal ini penting untuk dicatat bahwa, meskipun pelatihan musik menunjukkan manfaat bagi tugas bahasa kesadaran fonologi, namun tidak ada perbedaan di antara kedua kelompok remaja tersebut untuk dua tes lain pada memori fonologi dan penamaan yang cepat. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun pelatihan musik memang berpotensi meningkatkan beberapa bentuk kemampuan bahasa, namun ada daerah yang tidak meningkat .



Nah dengan belajar memainkan alat musik juga bisa memberikan banyak manfaat lho.

Bermain musik dapat meningkatkan koordinasi tubuh, melatih konsentrasi, ketekunan, dan daya ingat. Kamu juga bisa mengikuti kursus yang menjanjikan satu ini di

Allegra Private Music Course untuk mendapatkan keahlian bermain musik.

Kamu juga bisa pilih kursus musik sesuai dengan minat kamu seperti bernyanyi, bermain piano, drum, gitar, biola, saxophone dan alat musik lainnya.


Dengan memiliki keterampilan di bidang musik, kamu juga berkesempatan menjadi guru musik atau bekerja sebagai pemusik lhoo .


Dan kami juga bisa dengan sistem online class loohh, yang gak kalah seru dengan les tatap muka .




Tidak ada komentar: