Selasa, 25 Juni 2019

Nama-Nama Perangkat Pada Alat Musik Drum

Berikut ini nama-nama perangkat pada alat musik drum yang perlu kamu ketahui . 
Terutama bagi yang sedang belajar bermain drum .


  • Bass Drum

Image result for bass drumBass drum merupakan bagian yang berbentuk lingkaran besar yang diletakkan di lantai . Perangkat ini berguna untuk memberikan dentuman not bass, dan juga sebagai penanda waktu serta tempo .

Bass drum yang akan dibahas di sini adalah yang biasa digunakan oleh para drummer dari suatu band, dengan nama lainnya adalah kick drum .

Disebut Kick Drum karena bass drum untuk kebutuhan ini biasanya dilengkapi dengan set pedal kaki dan pemukulnya (beater), dan penggunaannya adalah dengan cara di injak .

  • Cymbals
Cymbals merupakan perangkat yang biasanya berwarna emas dan berbentuk lingkaran, dengan diameter yang berbeda-beda tergantung jenisnya .

Jenis-jenis cymbals yang bisa digunakan untuk satu set drum kit adalah sebagai berikut :

- Crash Cymbals
Image result for cymbal drumMerupakan cymbal yang digunakan untuk menghasilkan suara yang keras bagaikan bunyi pecah dan umumnya diletakkan di sebelah kiri (apabila dilihat dari bagian belakang drum kit alias bagian tempat kamu duduk saat bermain drum) .
Crash Cymbals itu biasanya lebih besar dibanding  Hi-Hat tetapi lebih kecil dibanding Ride Cymbals, dan suara yang dihasilkan lebih keras dibanding keduanya . 




Ride Cymbals
Image result for ride cymbalMerupakan cymbals berukuran besar yang umumnya digunakan untuk mengiringi musik secara konstan, dan biasanya diletakkan di sebelah kanan (apabila dilihat dari bagian belakang drum kit tempat kamu duduk) .
Bunyi yang dihasilkan oleh ride cymbals biasanya bergaung lebih lama dibandingkan crash yang hanya bergaung sesaatm dan biasanya tidak dipukul dengan keras melainkan pelan dan konstan, meskipun tetap disesuaikan dengan jenis musik yang dimainkan .




- Hi-Hat Cymbal
Image result for hi hat cymbalMerupakan kombinasi antara dua cymbal yang disematkan pada tiang penyangga berukuran pendek dan memiliki pedal kaki sendiri, yang diletakkan di sebelah snare drum .
Ukuran Hi-hat lebih kecil dibanding lainnya dan relatif tidak senyaring Crash ataupun Ride Cymbals . Kepada pedal diinjak (closed hi-hat) maka akan menghasilkan bunyi suara "chck" atau chick" dan saat tidak menginjak pedal akan menghasilkan suara nyaring .

Pada satu set drum kit biasanya akan terdiri dari beberapa jenis Cymbals . Ada drum kit yang hanya menggunakan 1 crash atau 1 ride, atau beberapa crash dan ride, tetapi apapun kombinasinya biasanya pasti memakai Hi-Hat .

- Tom-Tom
Image result for tom tom drumMerupakan perangkat drum yang biasanya diletakkan menggantung pada tiang pendek yang terhubung dengan bass drum .
Tom-tom akan menghasilkan suara dentuman, yang lebih nyaring dibanding bass drum tetapi tidak senyaring snare drum .
Disebut tom-tom karena bunyi dentuman yang dihasilkan akan terdengar seperti bunyi "Tom" .







- Floor Tom
Image result for floor tom drumMerupakan jenis Tom, tetapi berukuran sangat besar dan diletakkan di lantai dengan kaki-kaki penyangga .
Dentuman yang dihasilkan akan lebih bergema dibanding bass drum dengan nada lebih rendah di banding tom-tom .









- Snare Drum
Image result for snare drumMerupakan perangkat yang krusial dalam satu set drum kit . Snare drum menghasilkan bunyi staccato yang keras dan tajam ketika dipukul dengan stik .

Snare drum memiliki tiang penyangga sendiri dan umumnya diletakkan di sebelah kiri depan dari kursi drum dan bersebelahan dengan Hi-hat, dan penggunaannya biasanya yang relatif paling sering dan paling bervariasi .



Semoga bermanfaat ya . .


Tidak ada komentar: