Kamis, 20 Juni 2019

Asyiknya Musik saat belajar Piano Klasik

Saat liburan panjang gini atau lagi punya banyak waktu kosong, aktivitas apa nih yang paling enak dilakukan? ?

Kamu bisa mencoba untuk belajar bermain musik piano . Yang namanya belajar, apalagi bermain musik, pastinya tidak mengenal usia . Apalagi bagi para Mellennials ini, aktivitas ini sangat cocok dilakukan .


Bermain piano itu memang susah-susah gampang guys . Sebab, jari-jari harus pas saat kamu menekan nya . Sebelumnya, kamu juga harus mengenal dasar-dasar melodi terlebih dahulu, mulai dari ketukan hingga not balok .

Secara umum, piano terbagi atas digital dan akustik, klasik dan pop . Piano digital membutuhkan tenaga listrik sedangkan akustik tidak memerlukan energi listrik .

Dalam belajar bermain piano, biasanya menggunakan piano klasik, yakni piano yang biasanya digunakan untuk mengiring suatu pentas . Piano klasik ini menggunakan not balok . Jadi kamu harus bisa menguasai not balok terlebih dahulu . Ada baiknya jika belajar not balok langsung praktik pada piano klasik .

Setelah belajar not balok, kamu juga harus paham bagian-bagian piano . Pertama, bagian yang mempunyai dua warna, putih-hitam, disebut whitelist dan yang hitam disebut blacklist . Di sela-sela whitelist terdapat blacklist .


Lalu, di bagian bawah piano terdapat tiga pedal . Pedal paling kanan untuk memperpanjang suara, bagian tengah untuk meredam suara, dan bagian paling kiri untuk menjaga agar suara tuts tidak terlalu ngebas . 

"Dalam tuts piano paling kiri suaranya bass dan semakin kanan suaranya akan semakin tinggi atau disebut dengan treble . Not dasar bisa dimulai dari kunci C sama dengan do, kunci G sama dengan do, D sama dengan do dan F sama dengan do, dan menyentuhnya mulai dari kunci C .
Bagi pemula juga sebaiknya mempelajari bagian piano yang berwarna putih terlebih dahulu .

Bagi pianis klasik, biasanya sangat tergantung dengan buku yang terdapat not baloknya . Pianist klasik tidak terlatih untuk berimprovisasi seperti pop dan jazz, melainkan bermain solo .

Sementara bagi pianis pop tidak terpaku dengan buku not, karena biasanya mereka mengandalkan intuisi dan improvisasi .


Tips bermain Piano bagi Pemula 

~ Diperlukan niat yang kuat untuk belajar piano klasik karena kamu harus mengenal not balok dan finger ring agar mudah dalam bermain .

~ Jika kamu benar-benar serius dalam waktu 2-3 bulan kamu akan bisa bermain dasar-dasar dari piano klasik .

~ Agar cepat mahir, diperlukan guru yang berkompeten untuk mengajari kamu bermain piano . Kamu bisa memulai dengan mengikuti kursus piano yang mengajarkan piano klasik .

~ Kalau kamu benar cinta terhadap musik klasik atau ingin mendalaminya, sebaiknya kamu memiliki piano klasik dirumah untuk latihan, agar apa yang diajarkan tidak lupa .

~ Berlatih terus setiap saat .

Tidak ada komentar: